Yogyakarta dan Wisata Menarik Lainnya

Daftar Isi

Yogyakarta atau orang lebih mengenal dengan sebutan Jogja, merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang sedang populer saat ini. Letaknya berada tepat di tengah pulau Jawa dengan wilayah yang terbagi menjadi 5, yakni Kota Jogja, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo. Akses untuk datang kesini tentunya sangatlah mudah karena moda transportasi yang lengkap seperti jalur rangkaian kereta api, bus, hingga pesawat terbang yang sudah terbuka untuk jalur internasional. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai sarana transportasi di kota ini. Walaupun pandemi melanda, perkembangan tempat wisata yang menarik di kota ini pun tidaklah berhenti begitu saja. Justru banyak tempat-tempat wisata menarik yang baru untuk dikunjungi di kota ini. 

Pantai di Sepanjang Laut Selatan Yogyakarta

Di sepanjang laut selatan jogja terdapat banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Karena panorama indah hamparan pantai dengan masing-masing memiliki ciri khasnya maka dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata juga. Pantai-pantai yang terletak di sepanjang laut selatan jogja ini dapat dinikmati kapan pun. 

Baca juga : 20 Alasan Kenapa Yogyakarta Wajib Kita Kunjungi

Namun, wisata pantai di sepanjang laut selatan jogja ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya. Karena sering adanya tingginya gelombang serta lokasi dan tatanan geografisnya dengan banyak karang dan bebatuan sekitarnya, membuat wisata pantai ini hanya dapat dinikmati keindahannya saja. Jangan khawatir, ada berbagai hal yang dapat kita seperti kulinernya. Aneka macam masakan laut serta jajajanan khas tepi laut dapat kita nikmati sembari menikmati indahnya pemandangan tepi pantainya. Selain itu, ada beberapa lokasi yang cukup menarik, misal lokasinya yang berada di perbukitan atau mungkin yang memiliki hamparan pasir laut yang luas. Dapat dinikmati dengan cara melakukan camping di tepi pantai di area bukit atau juga bisa melakukan sand board di area gudukan pasir (gumuk pasir). Wahana permainan anak pun bisa dinikmati apabila melakukan rekreasi dengan keluarga. Seperti bermain di kolam renang pinggir pantai (invinity pool). Walaupun sering dilarang untuk bermain air di tepian pantai, kita masih dapat menikmati hal seru lainnya di sepanjang pantai selatan Jogja ini. 

Baca Juga :   Studi di RWTH Aachen

Area Malioboro, Keraton Yogyakarta, Nol KM dan Tugu Jogja

Dengan letak lokasi yang berada di pusat kota, tentunya area wisata Jalan Malioboro, Nol KM dan Tugu Jogja ini menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan yang datang ke Jogja. Selain menjadi ikon dari Jogja sendiri tentunya area wisata ini memang menyuguhkan berbagai macam hal yang dapat menarik minat wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Di area jalan Maliboro sendiri, merupakan area dimana terdapat banyak sekali para pedagang yang menjajakan dagangannya dalam bentuk kerajinan tangan khas dari Jogja. 

Karena peningkatan jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang ke Yogyakarta, tentunya membuat pemerintah untuk segera melakukan pembaharuan dan memperbaiki tatanan kota khususnya di area wisata di jalan Maliboro, Nol KM dan Tugu Jogja ini.

Di jalan malioboro sendiri, dulunya para pedagang berjualan di sepanjang jalan dan memang mempengaruhi kemacetan jalan tersebut sehingga sekarang, pedagang yang berjualan selain berada di Pasar Beringharjo yang memang lokasi utamanya dari jaman dulu kala, dibuatlah 2 lokasi baru untuk merelokasi para pedagang lainnya, yaitu Teras Malioboro 1 yang berada di bekas bioskop Indra dan Teras Malioboro 2 yang berada di dekat hotel Inna Garuda bekas dari dinas pariwisata. Selain itu, di sepanjang jalan malioboro ini, wisatawan juga disuguhkan dengan pertunjukkan seniman-seniman Yogyakarta yang memberikan show dengan alunan musik angklung dan lagu jawa bahkan dangdut. Hal ini menambah daya tarik bagi wisatawan yang datang.

Baca juga : Wonderful Bali

Baca juga : Tips Jajan Kuliner Saat Wisata

Baca juga : Tempat Kuliner di Jogja

Area Nol KM pun tidak luput dari pembangunan juga. Area ini sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan bangunan lama dari Bank Indonesia, Kantor Pos serta adanya Istana Kenegaraan. Selain itu, tidak jauh dari Nol KM ini, kita dapat melihat juga adanya alun-alun besar Yogyakarta yang letaknya di depan Keraton Jogja dan di samping Masjid Besar Jogja. Alun-alun Jogja sebetulnya ada 2, alun-alun yang berada di depan keraton memang sudah tidak digunakan kembali untuk berwisata karena ada pagar pembatas. Namun, alun-alun sebelah selatan atau sering disebut dengan alun-alun kidul yang masih dijadikan sebagai tempat kuliner dan tempat bermain juga. Banyak wisatawan yang sering mengabadikan momen indahnya di area ini terlebih menikmati indahnya suasana malam hari. 

Baca Juga :   5 Terowongan Terindah di Dunia

Tugu Jogja juga menjadi lokasi yang dinikmati disaat malam hari. Ada kepercayaan di masyarakat jika ke Jogja wajib datang ke tugu jogja dan harus berfoto disana agar bisa balik lagi berwisata ke jogja. Sehingga, lokasi ini juga banyak diminati oleh para wisatawan. Selain itu, wisatawan bisa menikmati kuliner disepanjang jalan dekat tugu jogja ini, yaitu Angkringan dan Kopi Joss. Jadi, tunggu apalagi, jangan ragu untuk datang!

Area Wisata Gunung Merapi dan Lava tour

Selain terkenal dengan wisata pantainya, tentunya Jogja juga terkenal dengan Gunung berapinya yang memang masih aktif sampai saat ini, yaitu Gunung Merapi. Memang jarang pendaki yang melakukan pendakian karena memang sering aktif namun di lereng gunung ini banyak sekali tempat wisata yang dapat dinikmati seperti adanya Kaliurang, Argowisata Bhumi Merapi, Desa-desa Wisatanya yang menyuguhkan tempat untuk outbond dan camping, serta tentunya ada Lava Tour. 

Lava tour sendiri ada karena dampak dari aktifitas letusan gunung merapi beberapa tahun silam yang mengakibatkan hancurnya beberapa desa. Namun, masih ada beberapa bekas-bekas dahsyatnya letusan ini yang dapat dinikmati wisatawan sekaligus menaiki mobil jeep untuk melihat hamparan jalan lava dan lokasi bungker atau tempat evakuasi saat terjadinya letusan. 

Selain itu, dapat menikmati pemandangan aliran sungai dan hutan pinus yang masih sangat asri. 

Baca juga : Tips Mudah dan Murah Travel dengan Kereta Api

Wisata Seribu Candi

Jogja selain kota pendidikan juga kota kebudayaannya. Banyak sekali situs situs prasejarah yang berada di Jogja ini. Seperti adanya candi. Candi-candi yang berada di Jogja ini jumlahnya sangat banyak sehingga wisata candi inipun juga menjadi wisata yang cukup menarik bagi para wisatawan yang suka akan hal berbau sejarah. Candi yang terkenal yaitu Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Sambisari, Candi Ijo dan masih banyak lainya. 

Baca Juga :   6 Tips untuk Traveler yang Sukses

Masing-masing candi ini memiliki daya tarik sendiri, misalnya candi prambanan memiliki ribuan stupa yang memang sudah tidak berbentuk candi lagi karena mungkin adanya gempa bumi maupun kejadian alam lainnya. Hamparan batu batu dari jaman prasejarah dapat kita lihat disini. Candi sambisari letaknya berada tidak jauh dari lokasi candi prambanan, candi ini dulunya tertimbun tanah karena lokasi yang masuk ke dalam. 

Mari berwisata ke Yogyakarta!