20 Alasan Kenapa Yogyakarta Wajib Kita Kunjungi

Daftar Isi

Merlindawibowo.com – Yogyakarta surga bagi para penggemar penjelajah kuliner, wisata dan budaya. Tidak ada kota yang membuat wisatawan terpesona seperti Kota Yogyakarta. Yogyakarta berhasil menghadirkan berbagai petualangan untuk wisatawan. Pantai di sepanjang laut selatan yang memukau mengundang para pencinta pantai, sementara banyak tempat budaya pastinya di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Di Kota Yogyakarta tempat yang paling cocok untuk menikmati liburan baik dengan pasangan, teman maupun keluarga.

Daya Tarik Pariwisata Yogyakarta

Kenapa banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri tertarik berlibur ke kota Yogyakarta? Pertanyaan ini sering kami dapat dari wisatawan dari seluruh wisatawan yang belum pernah dan pernah liburan ke Kota Yogyakarta.

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang poluler di Indonesia karena banyak hal yang dapat di expos di kota ini. Berikut ini keunggulan kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata, yang membuat banyak wisatawan dalam negeri dan luar negeri tertarik untuk mengunjunginya.

Di Yogyakarta banyak tersedia pilihan akomodasi, tempat makan, obyek wisata, kebudayaan dan masih banyak lagi. Tempat makan juga sangat mudah di temukan di kota yogyakarta. Selain itu, tersedia kuliner yang beranekaragam dan kuliner dari banyak wilayah yang ada di Indonesia. Transportasi liburan di kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi atau jasa trasportasi, jadi wisatawan tidak perlu berjalan kaki.

Area kota Yogyakarta sangat aman, membuat wisatawan yang liburan bersama pasangan, teman dan keluarga merasa sangat nyaman. Harga dan biaya wisata di kota Yogyakarta juga murah. Yogyakarta Menawarkan banyak pilihan tempat wisata, keunikan seni & budaya yang ada, serta aktivitas liburan lain yang dapat memanjakan selera wisata yang berbeda.

Daftar 20 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Yogyakarta

Berikut ini adalah daftar 20 tempat wisata untuk dikunjungi di Kota Yogyakarta yang sangat populer dan selalu menjadi prioritas wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk dikunjungi saat pertama kali liburan ke kota Yogyakarta.

Baca juga : Tempat Wisata Menarik di Jogja

1. MALIOBORO

Malioboro adalah jatung kota Yogyakarta atau titik 0. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Malioboro. Di malioboro banyak kegiatan seru, mulai dari kegiatan seni, pertokoan, pasar, tempat berjualan souvenir khas jogja, tempat nongkrong, mall, kuliner, penginapan, dll

Berikut spot-spot penting yang bisa di kunjungi di sekitaran malioboro:

  • Masjid Siti Dzirjanah
  • Benteng Vrederburg
  • Pasar Beringharjo
  • Hamzah Batik
  • Taman Pintar
  • Km Nol Jogja
  • Museum Sonobudoyo
  • Museum Kereta
foto By https://pin.it/4KgRXw3

2. CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan adalah candi hindu terbesar dan termegah yang dibangun di zaman kuno didirikan pada tahun 856 M oleh Rakai Pikatan putra Rakai Pikatan. Maka dari itu candi Prambanan menjadi pesonan besar bagi kalangan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

foto By 1001indonesia.net

3. CANDI BOROBUDUR

Candi Borobudur adalah candi budha terbesar yang ada di dunia dan di bangun pada abad ke 8-9 masehi. Candi Borobudur menjadi magnet yang mampu menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri karena salah satu peninggalan budaya terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

foto By panwis.com

4. TUGU JOGJA

Tugu Yogyakarta banyak memiliki nilai filosofis, mitos yang sangat memiliki nilai sejarah dan memiliki mitos dengan beribu misteri di dalamnya, sehingga Tugu Yogyakarta menjadi salah satu nilai keistimewaan yang ada di Yogyakarta.

foto By wonderful-tourism.blogspot.com

5. TAMAN SARI

Memiliki keindahan di bangunannya yang kuno dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan menjadikan Taman Sari salah satu destinasi wisata yang ada di kota Yogyakarta yang wajib di datengi. Tamansari dahulu di bangun pada masa Sultan Hamengkubowono 1. Dahulu disebut istanah air karena di dalamnya terdapat kolam air yang sangat mempesona dan memanjakan mata para wisatawan semuanya.

foto By wonderful-tourism.blogspot.com

6. PANTAI PARANGTRITIS

Pantai Parangtritis tempat wisata yang ada di Desa Parangtritis Yogyakarta, di pantai ini banyak menyimpan mitos budaya yang sangat kental tidak hanya itu pantai ini juga memanjakan mata karena keindahannya yang sangat romatis.

foto By piknikdong.com

7. GUNUNG MERAPI

Gunung ini memiliki wisata yang sangat luar biasa dan didukung dengan udara yang sangat sejuk sekali, maka dari itu gunung Merapi selalu menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi.

Baca juga : Daftar Universitas Terbaik Yogyakarta

Spot wisata yang ada di Gunung Merapi adalah sebagai berikut:

  • Kali Adem
  • Merapi Lava Tour
  • Bukit Kali Kuning
  • Bunker Kali Adem
  • Bukit Klangon
  • Batu Alien
  • Museum Ullen
  • The World Landmark Merapi Park
foto By Vegi Sandika

8. BUKIT BINTANG

Kenapa di sebut Bukit Bintang karena kita dapat melihat dan menikmati kota Yogyakarta dari atas bukit, pada malah hari ini kota Yogyakarta terlihat sangat memposana seperti bintang-bitang yang bertaburan di langit. Dari kota Yogyakarta perjalanan menuju Bukit Bintang kurang lebih memakan waktu 30 menit. So jadi jangan sampai engga menggunjungi spot lokasi ini ya. Dan jangan lupa ajak pasangan, teman atau keluarga kalian.

fotoBy https://pin.it/49s2Tqm

9. ALUN-ALUN KIDUL

Alun-alun kidul yang terletak di bagian belakang Keraton Yogyakarta, di alun-alun kidul salah satu tempat yang cocok untuk menikmati kuliner karena di sini banyak sekalian orang berjualan dari berbagai macam jenis kuliner tidak hanya itu alun-alun kidul juga memiliki panorama yang menarik untuk memanjakan mata kita semua.

foto By dolandolen.com

10. CANDI MENDUT

Candi Mendut yang terletak di desa mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang ini banyak memiliki nilai sejarah yang luar biasa ini juga menjadi destinasi wisata candi yang wajib kita kunjungi. Salah satu peninggalan sejarah yang memiliki nilai yang luar biasa.

foto By sobatjogja.com

11. ALUN-ALUN UTARA

Alun-alun utara kota Yogyakarta dahulunya sebagai tempat yang berfungsi untuk berlatih prajurit keraton. Letaknya berada tepat di utara keraton. Alun-alun ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Di kawasan ini juga banyak wisata kuliner dan oleh-oleh kas kota Yogyakarta. Saat ini alun-alun utara sudah di tutup untuk umum. Namun, kita tetap bisa menikmati kuliner dan juga pemandangan dari area luar atau sekitaran alun-alun utara.

foto by google

12. CANDI ABANG

Candi Abang terletak di Kabupaten Sleman, kenapa disebut Candi Abang. Penasaran ya? karena candi ini di bangun menggunakan bata merah maka sebab itu disebut Candi Abang.

foto By loperonline.com

13. GEMBIRA LOKA

Gembira Loka Zoo ini sangat cocok untuk menikmati liburan Bersama keluarga atau anak-anak. Karena di Gembira Loka ini banyak memiliki hewa binatang yang pastinya dapat menjadi pembelajaran untuk kita ataupun anak-anak.

Baca juga : Tempat Kuliner di Jogja

Hal menarik yang membuat banyak wisatawan yang tertarik liburan ke Gembira Loka

  • Terdapat lebih banya spesies binatang.
  • Tersedia pertunjukan Theater di Gembira Loka.
  • Aktivitas Safari Journey.
  • Pengunjung dapat melihat satwa di Gembira Loka.
  • Tersedia aktivitas menarik lainnya.
foto By https://pin.it/1U4JcPT

14. PASAR BERINGHARJO

Pasar Pringharjo adalah pasar tertua digunakan untuk berjualan sejak 1758. Di pasar ini banyak di jual batik khas jogja, souvenir, makanan dll. Jadi buat kalian jika berkunjung ke Kota Yogyakarta, pasar ini salah satu destinasi tempat untuk kalian membeli oleh-oleh khas Kota Yogyakarta.

foto By https://pin.it/eyBqmka

15. KERATON YOGYAKARTA

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Yogyakarta, di keraton ini memiliki nilai budaya yang sangat luar biasa. Di depan Keraton Yogyakarta terdepat Alun-alun Utara, di sekitaran Keraton Yogyakarta spot yang bisa di kunjungi mulai dari wisata kuliner, pertokoan yang menjual berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas Yogyakarta. Jadi tempat ini wajib di kunjungi.

foto By isjogja.blogspot.com

16. CANDI KALASAN

Candi Kalasan merupakan candi peninggalan agama budha, candi ini memiliki nilai seni dan budaya yang sangat luar biasa. Candi ini berlokasi di kalasan Yogyakarta. Perjalan menuju Candi Kalasan dari Kota Yogyakarta kurang lebih 30 menit.

foto By https://pin.it/53vdmXv

17. CANDI IJO

Candi Ijo, candi ini merupakan candi yang terletak tertinggi ke Kota Yogyakarta. Candi Ijo menyuguhkan pesona keindahan alam dan budaya yang sangat luar biasa, bahkan di candi ini bisa menjadi spot sunset yang sangat keren dan luar biasa.

foto By jogjaindotrans.com

18. RATU BOKO

Kemegahan di bukit penuh kedaimain yaitu Ratu Boko, dimana banguna megah yang cantik dan memiliki nilai arsitektur dan landscape yang sangat luar biasa. Ratu Boko sering menjadi spot untuk foto pre-wedding bagi pasangan yang akan menikah.

foto By palingmales.com

19. GOA PINDUL

Pesonan keindahan wisata di Karangmojo. Yaitu Goa Pindul, Di goa ini tedapat sungai bawah tanah yang alami tiada duanya terdapat daya tarik bebatuan stalagtit, stalagmite yang tampak memanjakan mata kita semua dan dapat menghilangkan stress setelah beraktivitas bekerja.

foto By https://pin.it/2jrUDWf

20. PANTAI GUNUNG KIDUL

Panti Gunung Kidul terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Kota Yogyakarta. Di gunung kidul terdapat spot pantai yang banyak yang dapat memanjakan kita semua bersama keluarga. Jika di hitung ada lebih 10 pantai yang menakjubkan di gunung kidul.

Baca Juga :   Daftar Wisata Jonggol Dengan Pesona yang Tak Terlupakan

Berikut daftar pantai terpopuler di gunung kidul yang wajib di kunjungi:

  • Pantai Baron
  • Pantai Ngrenehan
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Slili
  • Pantai Drini
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Ngandong
  • Pantai Sadranan
  • Pantai Gesing
  • Pantai Ngeden
foto By piknikdong.com

Transportasi Terbaik Jalan-Jalan Di Kota Yogyakarta

Pada saat liburan, kenyamanan transportasi akan memegang peranan penting terhadap kepuasan kita saat berliburan. Transportasi liburan di kota Yogyakarta tersedia transportasi umum dan transportasi pribadi.

Untuk transportasi umum saat ini banyak tersedia di Kota Yogyakarta. Jenis transportasi umum yang tersedia seperti taksi argo, taksi online, ojek online,bus way (bus dalam kota), tranposrtasi sederhana (becak, delman).

Baca juga : 6 Negara Yang Harus Dikunjungi Sebelum Anda Meninggal

Apabila anda dalam 1 hari mengunjungi lebih dari 1 tempat wisata yang ada di Kota Yogyakarta maupun sekitarnya. Maka pilihan transportasi terbaik jalan-jalan di Kota Yogyakarta untuk anda adalah transportasi pribadi yang bisa anda sewa. Transportasi pribadi, yang di maksud dapat berupa sepeda motor atau mobil. Karena di Kota Yogyakarta banyak sekali penyedia jasa rental kendaraan motor atau mobil.

Sewa Sepeda Motor

Sebagian besar wisatawan yang menyukai mengendarai motor saat liburan di Kota Yogyakarta adalah wisatawan yang liburan sendirian atau bersama teman. Selain itu, jika tidak pergi jauh, dan ingin lebih menghemat biaya transportasi akan lebih baik memilih menggendarai motor.

Cara terbaik mencari jasa rental motor di Kota Yogyakarta dekat dengan lokasi hotel atau wisata. Selain itu, ada beberapa jasa rental sepeda motor di Kota Yogyakarta yang jasa antar jemput motor ke lokasi anda menginap atau tinggal. Lalu berapakah harga sewa sepeda motor di Kota Yogyakarta? Harga rental sepeda motor di Bali tergantung jenis dan tahun perakitan motor. Semakin baru sepeda motor yang di sewa maka harga rental akan lebih mahal. Rata-rata harga sewa sepeda motor di Kota Yogyakarta sekitar Rp 80.000 – Rp 125.000/ 24 jam dan harga sewa tidak termasuk BBM dan Driver.

Baca Juga :   10 Negara Menjadi Destinasi Solo Traveler

Rent Car Yogyakarta

Wisatawan yang liburan bersama keluarga dengan banyak orang dan ingin pergi mengelilingi Kota Yogyakarta, lebih memilih menggunakan mobil untuk transportasi liburan yang bisa anda sewa. Di Kota Yogyakarta ada dua jenis penyewaan mobil. Yaitu sewa mobil dengan driver atau sewa mobil tanpa driver. Yang mana yang akan akan anda sewa pastinya anda sendiri yang akan menentukan.

Sewa Mobil Setir Sendiri di Kota Yogyakarta

Harga rental mobil di Kota Yogyakarta juga tergantung dari jenis mobil dan tahun perakitan mobil. Contoh, harga sewa Toyota Avanza di Kota Yogyakarta sekitar Rp 275,000/24 jam tanpa BBM dan Driver. Cara paling terbaik mencari rent car di Kota Yogyakarta adalah menggunakan Google atau Google Maps dan pada halaman Google anda akan menemukan banyak penyedia rent car dengan berbagai macam penawaran.

Sederet Quotes Kota Jogja Dari Yang Pernah Tinggal

“Jogja selalu istimewa, dengan caranya sendiri. Bagiku, Jogja selalu memberi kesan nan apik. Keindahan, keramahan, kesederhanaan, dan kenangan. Jalan menuju kebahagiaan yang tersusun rapi, menggariskan senyuman membuncah. Jogja serupa lukisan menawan yang dengan pastinya membuat hati tertawan, untuk sekadar kembali singgah atau memilih menetap”

“Dari 0 kilometer Kota Yogyakarta menunggu kamu menyapa aku kembali”eeaaa

“Yogyakarta, tentang kamu, aku dan kita”

“Kota Yogyakarta, terbuat dari rindu, pulang dan angkringan”

“Titik nol bukan berarti selalu menjadi titik terburuk, terendah dalam kehidupan kita. Melainkan ada makna lain yang sering kita lupa. Tempat dimana segalanya dimulai dan justru sangat melekat pada ingatan seseorang.”

“Menurut teman-temanku, Kota Yogyakarta itu terbuat dari rindu yang seringkali datang hampir engga pernah mengenal waktu. Tetanggaku juga bilang kalau kota jogja ibarat rumah darimanapun kamu berasal, Kota Jogja selalu jadi tempat pulang yang ramah. Bahkan kata sepupuku Jogja itu malah bikin bingung, bingung gimana cara nglepasinnya. Harus dengan senyum atau air mata.”

Baca Juga :   Yogyakarta dan Wisata Menarik Lainnya

“Kota Jogja, aku pulang Bersama kenangan. Jogja tercipta dari rindu, tapi rindu tidak kunjung terobati”

“terima kasih Kota Yogyakarta. Dan untuk orang-orang yang selalu membahagiakan di kota ini, aku akan datang Kembali suatu saat”

“Kota Yogyakarta berhasil membuat banyak kenangan pada kita di hari itu saat aku bersamanya”

Kenapa Kota Yogyakarta menjadi kota yang istimewa, karena Kota Yogyakarta selalu memiliki arti yang penting bagi setiap yang pernah tinggal di Yogyakarta. Baik hanya untuk singgah, seterusnya atau yang telah pergi dan datang lagi ke Kota Yogyakarta.

Jadi wajib buat kalian semua buat mengunjungi Kota Yogyakarta.