Daftar Universitas Terbaik di Semarang

Daftar Isi

Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Jadi, tidak heran jika Semarang memang merupakan lokasi yang cukup strategis dan tentunya diminati pada calon mahasiswa untuk dijadikan tempat belajar. Universitas yang ada disini pun tidak kalah bersaing dengan kota pelajar, seperti Yogyakarta. Karena selain adanya destinasi wisata yang cukup banyak, serta area-area perkotaan yang sangat lengkap dan luas, adanya beberapa perguruan tinggi juga mempengaruhi minat mahasiswa untuk memilih Semarang sebagai tempat untuk menimba ilmu. Moda transportasi yang tersedia di kota ini tentunya sangat lengkap. Karena kota ini merupakan salah satu kota besar juga di pulau Jawa. Ada jalur kereta api, bus, serta adanya bandara dengan skala internasional juga.

Selain itu, adanya beberapa destinasi wisata yang menarik dari kota ini seperti adanya Kota Tua, Lawang Sewu, Simpang Lima, Masjid Agung dan sebagainya yang ikonik.

Berikut perguruan tinggi terbaik di Semarang yang dapat dijadikan referensi untuk memilih tempat menimba ilmu. 

Universitas Negeri Diponegoro (UNDIP)

Universitas Negeri Diponegoro atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNDIP, merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Semarang dengan kampus utamanya berada di daerah Tembalang dan kampus lainnya terletak di daerah Pleburan. Perguruan tinggi ini memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah dengan program sarjana, program diploma dan pascasarjana baik program magister, maupun program doktoral serta adanya program profesi dan dokter spesialis yang meliputi 21 program studi D3, 11 program studi D4, 58 program studi S1, 38 program studi S2, 19 program pendidikan dokters spesialis, 4 program studi profesi, dan 15 program studi doktor. Banyak sekali program studi yang ditawarkan sehingga banyak juga mahasiswa yang berminat untuk datang dan menimba ilmunya di perguruan tinggi ini. 

Baca juga : Tips Cepat Menulis dan Publish Jurnal Nasional Terindeks

Letak yang strategis berada di pusat kota dan memang berada di wilayah area mahasiswa yang lengkap, membuat mahasiswa pun lebih nyaman untuk tinggal disini. Karena mahasiswa biasanya membutuhkan lokasi yang dekat dari mana mana, tidak sulit mencari kebutuhan sehari-hari khususnya makan, harga yang cukup terjangkau serta lokasinya yang dimudahkan dengan adanya moda transportasi. 

Baca Juga :   Inspirasi Menu MPASI Double Prohe

Selain itu, prestasi yang ditorehkan oleh perguruan tinggi ini yaitu masuk ke dalam jajaran 5 universitas terbaik di Indonesia serta berada dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2022 kembali merilis hasil pemeringkatan untuk universitas tingkat global dengan posisi ke-8 universitas terbaik di Indonesia dan posisi 1001-1200 di Dunia. Hal ini merupakan pencapaian yang baik bagi Undip karena semakin menunjukan kualitas pendidikan yang bermutu di dalam negeri dan di mata dunia. UNDIP juga mendapatkan peringkat ke 1 dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Asia Universities Summit 2022 pada kategori THE Datapoints Impact Award. 

Baca juga : Tips Mudah Menulis Skripsi dan Thesis

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang atau disingkat dengan UNNES, merupakan perguruan tinggi negeri yang berada di kota semarang ini. Letaknya sebetulnya tidak jauh dari UNDIP. Perguruan tinggi ini memiliki visi misi yaitu menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Dengan kata lain, cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip konservasi seperti pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan sumber daya alam dan nilai-nilai sosial budaya, serta memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi di tingkat internasional.

UNNES memiliki 8 fakultas dengan jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 yakni program sarjana, program magister serta program doktoral. Dulunya perguruan tinggi ini memang berfokus pada ilmu pendidikan saja, namun setelah berubah menjadi universitas ada beberapa program studi non pendidikan yang ditambahkan. Akan tetapi, program studi pendidikan ini masih dipertahankan dengan prestasi yang pastinya semakin meningkat. Hal ini pun diketahui dari adanya prestasi bahwa UNNES memperoleh peringkat 10 Nasional dalam pemeringkatan 4ICU UniRank tahun 2022 ini, kemudian masuk dalam jajaran 10 besar universitas terbaik versi Scimago Institutions Rangking tahun 2022. 

Baca Juga :   Deposito Bank Mandiri dan Hasilnya

Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)

Universitas Dian Nuswantoro atau yang lebih dikenal UDINUS ini makin populer saat adanya torehan prestasi dari mahasiswanya bernama Ghozali yang berhasil menjual foto dirinya di NFT dengan harga yang cukup fantastis. Siapa sangka bahwa Ghozali ini sedang menimba ilmu di perguruan tinggi ini. Namun, UDINUS sendiri merupakan perguruan tinggi swasta yang berfokus pada bidang ilmu Manajemen Informatika dan Komputer, Ekonomi, Bahasa Asing, dan Kesehatan yang memiliki 5 fakultas dengan jenjang pendidikan diploma, sarjana dan pasca sarjana. Perguruan tinggi ini memang masih tergolong baru yang didirikan tahun 2001. Letaknya sangatlah strategis karena berada di pusat kota Semarang dekat dengan objek wisata ikonik yang terkenal di kota ini yaitu Lawang Sewu dan Simpang Lima. Tentunya menjadikan perguruan tinggi ini menjadi salah satu tujuan dari mahasiswa juga.

Jangan salah, di kota ini masih ada beberapa universitas atau perguruan tinggi lainnya yang tentunya juga memiliki reputasi yang baik yang bisa dijadikan alternatif lain untuk memilih lokasi dalam menimba ilmu di kota ini. Karena menariknya kota ini memang tidak jauh dari ibukota negara kita yaitu Jakarta serta kota besar lainnya seperti Bandung. Sehingga, jumlah mahasiswa yang datang ke kota ini pun banyak yg berasal dari Jakarta dan Bandung. 

Berikut universitas yang ada di Kota Semarang seperti :

  1. Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA). Berhasil meraih prestasi membanggakan di tahun 2022. Berdasarkan data yang dirilis EduRank, UNISSULA merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan peringkat terbaik di Semarang. Adapun secara nasional Unissula menempati peringkat ke 71.
  2. Universitas Islam Negeri (UIN) Wali Songo
  3. Universitas Katolik Soegijapranata
  4. Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)
  5. Universitas Semarang (USM)
Baca Juga :   Diversity of Open-Source Software Applications

Mari visit Jawa Tengah dengan belajar maupun menimba ilmu di kota Semarang!