5 Tips Jajan Kuliner di Tempat Wisata

Daftar Isi

Harga makanan yang ada di tempat wisata emang kerap dikeluhkan oleh para wisatawan. Apa lagi terjadinya sering oknum penjual yang curang dengan mengakali dagangannya hasil harga makanan dan minuman ini bisa berkali lipat lebih mahal dari harga jual pada umumnya titik belum lagi jika rasa dan porsi yang tidak sesuai dengan harganya ini bisa membuat pembeli akan meleset ditipu dan untuk mengatasi hal ini oknum menjual makanan yang nakal biasanya memasang harga yang tidak masuk akal di tempat wisata. 

Berikut ini beberapa tips jajan kulineran di tempat wisata

1. Cari referensi tempat makan yang direkomendasikan

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk tips mencari jajan kuliner di tempat wisata yang pertama ialah dengan menjalin referensi tempat makan yang direkomendasikan oleh banyak orang di internet. Anda bisa memanfaatkan Google local guide untuk dapat mengetahui reputasi tempat makanan yang anda inginkan. Selain mengetahui data positif tempat makanan berdasarkan pengalaman pengunjung Anda juga bisa mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan oleh penjual serta penilaian pengunjung bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mencoba makanan yang direkomendasikan. bahkan Anda juga bisa mendapatkan bocoran tentang rasa kemudian harga dan juga pelayanan di tempat makanan yang anda ingin kunjungi. 

Baca juga : Tempat Wisata Menarik di Jogja

2. Pertimbangan budget yang anda anggarkan

Cara yang pertama bisa anda lakukan untuk tips jajan kuliner di tempat wisata ialah dengan mempertimbangkan budget yang anda anggarkan untuk pelanggan. harga yang tertera saat anda mencari referensi di internet ini mungkin saja berubah. Jika anda menemukan tempat makanan yang ingin anda kunjungi maka jangan lupa sesuaikan dengan budget makanan anda serta beberapa tempat makanan di kawasan wisata biasanya menerapkan harga khusus saat musim liburan. Jangan sampai karena terdapat banyak rekomendasi orang maka anda lupa mengontrol pengeluaran untuk makanan. Paling tidak anda mempunyai budget lebih dari harga yang anda temukan di internet untuk mengantisipasi kenaikan harga jika anda berkunjung di musim liburan. 

Baca Juga :   Tips Untuk Mendapatkan Diskon Traveling Mewah

3. Cari tempat makan lokal

Cara yang selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk tips jajan kuliner di tempat wisata ialah mencari tempat makanan lokal yang ramai yang banyak dikunjungi oleh orang lokal. Tempat makan yang rame ini biasanya menjadi salah satu tanda bahwa makanan tersebut enak dan tidak akan mengecewakan. Hal ini juga bisa anda terapkan baik di tempat makanan seperti restoran atau pedagang kaki lima yang ada di kawasan wisata. Jari jika anda ingin makan di pedagang kaki lima maka anda bisa memilih tempat yang banyak dikunci oleh masyarakat lokal contohnya seperti sumber angkutan umum atau bekerja di sekitar tempat wisata. Tempat makan ini juga biasanya menawarkan makanan yang lebih enak dan juga harga yang wajar. 

4. Menggunakan bahasa lokal

Cara yang bisa anda lakukan selanjutnya di saat Giant kuliner di tempat wisata ialah dengan menggunakan bahasa lokal. Sebisa mungkin anda bisa mencoba untuk menggunakan bahasa dengan logat orang lokal dan jangan lupa juga menyapa penjual dengan akrab agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Cara yang satu ini dapat membantu anda agar tidak terlihat seperti wisatawan luar kota. Minimal akan terlihat seperti pendatang yang sudah lama tinggal di sana. Tidak dapat dipungkiri bahwa wisatawan luar kota ini dianggap orang yang berduit dan bisa dimanfaatkan oleh oknum pedagang lokal. Syukur-syukur dan dengan akrab contohnya seperti bule pakde atau pun sapaan akrab lain khas daerah yang Anda kunjungi. 

Baca juga : Tips Traveling Saat Ramadhan

Baca Juga : Wonderful Bali

5. Tidak malu atau gengsi

Cara yang bisa anda lakukan untuk tips jajanan kuliner di tempat wisata yang selanjutnya ialah tidak malu apalagi gengsi untuk bertanya harga kepada pedagang sebelum memutuskan untuk duduk atau memesan makanan. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif agar anda tidak merasa terjebak di saat makan di tempat daerah wisata. cara yang satu ini bisa dilakukan dengan berbasa-basi terlebih dahulu menanyakan menu yang tersedia. sembari anda menanyakan menu sekalian juga bertanya harga dan juga paket yang bisa anda dapatkan. kalau harganya ini terus tidak wajar maka anda bisa beralasan bahwa menu yang anda cari tidak tersedia dan dengan begitu Anda dapat terhindar dari penjajahan makanan nakal yang tiba-tiba akan memberikan stroke bayar harga dengan harga yang di atas batas kewajaran. 

Baca Juga :   6 Tips untuk Traveler yang Sukses

Itulah di beberapa tips jajan kuliner di tempat wisata yang bisa dilakukan agar bisa menghemat budget. Semoga bermanfaat!