Daftar Universitas Terbaik di Yogyakarta

Daftar Isi

Yogyakarta dijuluki sebagai kota pendidikan. Oleh karena itu, banyak sekali perguruan tinggi yang ada di provinsi ini. Perguruan tinggi terbaik yang masuk dijajaran perguruan terbaik di tingkat nasional pun ada. Bahkan ada yang mencapai tingkatan perguruan terbaik dunia berdasarkan QS Ranking, WURI Ranking, UniRank bahkan THE Impact Rangking. Hal ini mempengaruhi tingkat populasi dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri karena pastinya banyak warga dari beberapa kota lainnya memilih untuk melanjutkan studinya di provinsi ini karena ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia akan datang setiap tahunnya. Bahkan tidak hanya dari dalam negeri saja. Dari luar negeri pun juga datang untuk menimba ilmunya di provinsi ini. Letak dari provinsi Yogyakarta ini juga cukup strategis dan merupakan kota budaya dan wisata. Sehingga transportasi yang berada di kota ini pun juga mudah untuk ditemui.

Berikut daftar universitas di yogyakarta atau kampus terbaik di Yogyakarta berdasarkan ranking popularitasnya

Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada atau lebih dikenal secara singkat dengan nama UGM, merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di kabupaten Sleman yang berada di pusat kotanya yang menjadikan lokasi dari perguruan ini menjadi salah satu yang paling strategis. Lokasi dari UGM sendiri dapat dikatakan sebagai “city campus” karena letaknya yang berada di jantung kota serta bangunannya pun sudah bersatu dengan tata letak dari kotanya sendiri. Jadi, tidak ada kekhawatiran lagi untuk mencari kebutuhan sehari-hari bahkan segala sesuatunya dapat dijangkau dengan mudah karena dekat darimanapun dan tersedia dengan sangat apik.

UGM merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia setelah kemerdekaannya sehingga menjadikan UGM ini menjadi perguruan tinggi tertua di Indonesia. Perguruan tinggi ini memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan berbagai program pendidikan meliputi program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, dan diploma. Beberapa fakultas juga menyelenggarakan program internasional baik pada program sarjana maupun pascasarjana. UGM menduduki peringkat 231 pada pemeringkatan perguruan tinggi terbaik dunia QS World University Ranking (QS WUR) 2023 yang dirilis Kamis tanggal 9 Juni 2022. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa UGM naik 23 peringkat dari tahun lalu, yaitu 254 dunia. Pada tahun 2022 ini juga masuk dalam 17% perguruan tinggi terbaik dunia. Sehingga dalam penilaian ini, UGM secara konsisten mengalami peningkatan dari pemeringkatan tahun 2015 hingga tahun 2023. Metode dalam pemeringkatan didasarkan pada sejumlah aspek, yaitu, Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, Citations per Faculty, International Faculty Ratio, dan International Students Ratio. Selain itu, QS juga menilai Employment Outcomes dan International Research Network, namun sementara ini keduanya tidak memiliki bobot penilaian pada pemeringkatan.

Baca juga : 20 Alasan Kenapa Yogyakarta Wajib Kita Kunjungi

Baca juga : Daftar Universitas Terbaik di Indonesia

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Perguruan ini letaknya berdekatan dengan UGM. Sama seperti UGM yang berada di pusat kota. Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat dengan UNY pun juga memiliki letak yang strategis tentunya. Berbeda dengan UGM, UNY dalam sejarahnya memiliki beberapa fakultas menjadi cikal bakal lahirnya IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Yogyakarta, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Jadi, memang berfokus pada bidang ilmu pendidikan saja dan merupakan salah satu kampus negeri. 

UNY menjadi salah satu perguruan tinggi favorit dengan julukan The Green Campus atas keberhasilannya dalam menciptakan lingkungan kampus yang asri. Selain itu, dalam misi UNY menjawab tantangan global yang sejak tahun 2008 sudah siap menuju World Class University. UNY berhasil meraih posisi 10 besar dalam kategori perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan perguruan tinggi tingkat internasional University Ranking (UniRank) di tahun 2022 ini. UNY berhasil meraih posisi 6 dari 576 universitas di Indonesia dan peringkat 65 tingkat Asia. Peringkat universitas versi Unirank, yang dulu bernama 4ICU, ini merupakan cerminan popularitas dari sebuah universitas berdasarkan keterkenalan dari website yang dimiliki.

UNY memiliki 7 fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS),  Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang menyelenggarakan program pendidikan seperti sarjana dan pascasarjana.

UNY pernah menjadi kampus tim nasional Sepak Bola U-19. Pada tahun 2014 anggota Tim Nasional (timnas) U-19 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dikuliahkan melalui program kerja sama pendidikan di UNY. Sehingga, kampus ini menyumbangkan banyak sekali talenta atlit sepak bola tersebut. Sebanyak 26 pemain timnas mengikuti perkuliahan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, termasuk bintang sepak bola Evan Dimas.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” (UPN) Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau sering disebut dengan UPNVY. Uniknya perguruan tinggi ini dulunya sebagai perguruan tinggi swasta yang mulai tahun 2014 berubah menjadi perguruan tinggi negeri. Saat ini UPNVY memiliki 5 fakultas dengan jenjang sarjana dan juga program diploma serta pascasarjana baik magister, maupun doktor. Tentunya, universitas ini juga terletak di tempat yang strategis juga karena tidak jauh lokasinya dengan UNY dan UGM. Berdasarkan perangkingan Webometrics, UPNVY masuk dalam rangking ke-104 atau nomor ke-6127 dengan jurusan atau program studi yang menjadi incaran di sini tak lain adalah teknik pertambangan dan teknik perminyakan. Kedua jurusan ini pun memang jarang ditemui di perguruan tinggi lainnya. Sehingga memang untuk masuk di jurusan atau program studi ini memang terdapat seleksi yang cukup ketat untuk para calon pendaftar yang memiliki minat dengan jumlah yang cukup besar.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri di Kota Yogyakarta ini atau sering disebut dengan UIN SuKa adalah bentuk perguruan tinggi Islam negeri tertua di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan akademik pada sejumlah disiplin ilmu pengetahuan. Dulunya UIN SuKa ini bernama IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Namun, mulai tahun 2004 karena adanya integrasi dan interkoneksi antara keilmuan agama dengan keilmuan umum untuk mengikuti perkembangan zaman maka berubah namanya menjadi UIN SuKa. Perubahan nama ini juga diikuti langkah nyata dengan munculnya pilihan fakultas dan jurusan umum yang ada di kampus putih ini.

UIN SuKa Yogyakarta masuk dalam rangking ke-89 di Indonesia dan ke-5.891 seluruh dunia. UIN Sunan Kalijaga memiliki banyak jurusan, tapi yang cukup menarik banyak peminat adalah pendidikan agama Islam dan perbankan syariah. Pada saat ini, ada 61 program studi yang terselenggara di UIN SuKa, terdiri dari program sarjana, magister, dan doktor, serta program internasional. 

Pada tahun 2022 ini, UIN SuKa meraih peringkat ke-25 dan menjadi terbaik pertama PTKN versi lembaga pemeringkatan universitas internasional yaitu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi 4 International College and Universities (4ICU) UniRank yang berbasis di Sydney, Australia ini. Pemeringkatan ini menggunakan beberapa kriteria antara lain akreditasi dari lembaga berkewenangan, keterkenalan atau popularitas website, memiliki minimal program gelar sarjana atau gelar pascasarjana baik magister atau doktoral, dan memberikan pendidikan dengan layanan prima terutama dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Baca juga : Tips Cepat Menulis dan Publish Jurnal Nasional Terindeks

Universitas Amikom Yogyakarta

Universitas Amikom Yogykarta yang sebelumnya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Amikom Yogyakarta telah menjadi perguruan tinggi swasta percontohan Dunia Model Private Entrepreneur oleh UNESCO (Unesco, A New Dynamic : Private Higher Education, 2009) dan juga menjadi Top 100 Perguruan Tinggi di Asia Tenggara versi Webometrics (Webometrics, 2014). Selain itu, perguruan tinggi ini berhasil mendapatkan peringkat 29 dunia untuk kategori Industrial Aplication dari World’s Universities with Real Impact (WURI) tahun 2022. Sehingga, perguruan ini telah naik 4 tingkat dari tahun sebelumnya. Universitas Amikom juga telah meraih 80 penghargaan internasional dan lebih dari 210 penghargaan nasional serta menghasilkan 24% lulusannya sebagai pengusaha (Business Placement Center AMIKOM, 2014). Selain itu, telah terakreditasi institusi B dan telah mendapatkan sertifikasi ISO 2009.

Perguruan tinggi ini memiliki 2 program diploma, 13 program sarjana, dan 1 program pascasarjana. Perguruan tinggi ini memang berfokus dalam pengembangan ekonomi kreatif dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan di Silicon Valley dan Hollywood. Sehingga, memberikan peluang baru bagi mahasiswanya untuk melakukan magang maupun bekerja disana. 

Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia atau singkat dengan UII merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. UII memiliki 6 lokasi yang berbeda untuk menunjang aktivitas akademik para mahasiswanya. Perguruan tinggi ini, ada di peringkat ke 22 versi webometrics di seluruh Indonesia dan rangking 2.618 di seluruh dunia. UII juga masuk ke dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik se-Asia dalam pemeringkatan QS Asia University Rankings (AUR) tahun 2020 serta mendapatkan tiga bintang dari QS Asian University Rankings 2021. Selain itu, banyak program studi atau jurusan di perguruan tinggi ini telah mendapat gelar unggul. Uniknya, perguruan tinggi ini berdiri sebulan sebelum kemerdekaan Indonesia sehingga menjadikan perguruan tinggi ini sebagai pionir pendidikan tinggi di Indonesia. 

Lokasi kampus utamanya memang tidak berada di jantung kota namun terletak di dekat gunung Merapi. Sehingga menjadikannya kampus yang sejuk dan asri dengan menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya. Lokasi kampus lainnya masih berada di dekat dengan pusat kota dan bergantung pada fakultasnya. Pada saat ini, ada 8 fakultas dari program sarjana, magister, dan doktor, serta program internasional.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan UMY, merupakan perguruan tinggi swasta juga banyak yang masuk kategori baik. Salah satunya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY. Perguruan tinggi ini menduduki peringkat 16 dan ke 2.173 di seluruh dunia serta memiliki akreditasi unggul. Lokasi dari perguruan tinggi ini berlokasi di kabupaten Bantul, yaitu di barat dari pusat kota Yogyakarta. UMY merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Yogyakarta yang bernaung di bawah yayasan Muhammadiyah. Sesuai dengan tujuannya, perguruan tinggi yang Unggul dan Islami ini telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang berkemajuan dan bertaraf internasional untuk menunjang masa depan, serta kehidupan kampus yang telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman. Memiliki 8 fakultas dan 4 program studi dari program vokasi, sarjana, pascasarjana, doktoral hingga program internasional.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Selain UMY, Universitas Ahmad Dahlan atau disingkat dengan UAD, merupakan perguruan tinggi swasta yang juga bernaung di bawah yayasan Muhammadiyah dengan akreditasi unggul. Letak kampusnya berada di beberapa lokasi berbeda berjumlah 6 lokasi kampus. Ada yang berada di pusat kota dan kampus utamanya berada di selatan pusat kota di kabupaten Bantul. Namun, letaknya tidaklah berjauhan satu sama lainnya dan dapat diakses dengan mudah karena banyaknya transportasi yang tersedia. Menariknya dari kampus ini, memiliki masjid iconic yang dibangun dari sumbangan dana dari negara Arab. Masjidnya pun sering dijadikan lokasi untuk foto yang instagramable. Namun, itu hanya bonus saja karena Perguruan tinggi ini masuk dalam jajaran kampus terbaik yang juga menduduki peringkat 28 pada rangking versi Webometrics di seluruh Indonesia dan peringkat ke 3.105 rangking kampus di dunia. Selain itu, tahun 2020 Indonesian University Ranking, UAD berada di posisi ke-45. Sedangkan, menurut QS Top Universities, UAD berada di posisi ke-601 untuk Asian University Rankings. Perguruan tinggi ini memiliki 11 fakultas yang terdiri dari program sarjana, program magister, doktor, program profesi serta program vokasi. 

Baca juga : Tips Mudah Menulis Skripsi dan Thesis

Universitas Sanata Dharma (USD)

Universitas Sanata Dharma atau disingkat dengan USD atau yang lebih dikenal dengan Sadhar termasuk salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta. Perguruan tinggi ini dalam pemeringkatan Webometrics masuk dalam urutan ke-50 di Indonesia dan ke-4.118 di dunia. Terdapat 25 program studi di jenjang sarjana dalam 7 fakultas, 8 program magister serta 1 program doktor. Letak dari Sadhar sendiri hanya bersebelahan dengan UNY dan UGM. Sehingga terletak di area yang cukup strategis karena berada di area yang banyak mahsiswanya. Selain itu, Sadhar juga populer dengan program khusus bersertifikatnya yaitu program pelatihan bahasa inggris dengan berbagai jenis programnya. 

Sebetulnya masih banyak perguruan-perguruan tinggi lainnya yang berada di Yogyakarta. Sesuai dengan julukannya kota pendidikan sehingga banyak pilihan lainnya yang mungkin dapat dijadikan tempat belajar juga. Karena beberapa calon mahasiswa datang ke Yogyakarta karena suasana yang nyaman sehingga tetap berkuliah walaupun di tempat lainnya. Tentukan pilihan kampusmu sekarang!!