Daftar Tempat Instagramable di Yogyakarta

Daftar Isi

Yogyakarta atau sering dikenal dengan nama Jogja. Penamaan Jogja ini dibuat sebagai branding nama dari daerah ini. Terbukti menurut hasil laporan penjualan tiket kereta api dari PT. KAI Indonesia untuk pemesanan tiket pada liburan nataru (natal dan tahun baru), tujuan terbanyak adalah Jogja. Jogja menjadi tempat terfavorit untuk menghabiskan liburan nataru tahun 2022 ini. 

Jogja sendiri selain terkenal menjadi kota pendidikan dan kebudayaan memang terkenal dengan wisatanya dan kulinernya dengan harga yang masih sangat terjangkau. Apalagi selama pandemi ini, banyak sekali tempat-tempat wisata baru yang bermunculan dan juga tempat wisata yang lama pun diperbaharui demi kenyamanan pengujung objek wisata. 

Di era industri 4.0 ini, dikala semua orang sudah menggunakan perangkat bergeraknya dan juga menggunakan platform sosial medianya, tentunya hal ini berpengaruh pada perilaku saat berwisata. Setiap orang akan mengabadikan selalu momen saat sedang berwisata, baik momen bersama keluarga atau orang terdekatnya maupun momen indah dari panorama atau pemandangan dari tempat wisata yang dituju. Dengan cara menggunakan foto maupun video yang kemudian di unggah pada platform media sosialnya sehingga dapat dilihat khalayak umum. Sehingga banyak yang sengaja mencari tempat-tempat wisata yang memang sesuai dengan platform media sosial seperti Instagram.

Baca juga : Tempat Wisata Menarik di Jogja

Baca juga : Tempat Kuliner di Jogja

Berikut daftar tempat wisata di Jogja yang instragramable

Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata edukasi yang terletak di dekat dengan Gunung Merapi. Tempat wisata ini cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga karena terdapat berbagai macam arena bermain anak dan juga tempat berfoto yang instagramable. Tempat wisata ini terdapat lahan pertanian, perkebunan dan peternakan. Sehingga, dapat melakukan banyak kegiatan seperti berkemah, outbond bahkan juga untuk fieldtrip bagi anak-anak untuk belajar tentang hewan, mamalia, reptil, belajar menanam berkebun dan lain sebagainya yang dapat menambah pengetahuan bagi anak-anak. 

Baca Juga :   Tips Asyik dan Menyenangkan Wisata di Pantai

Spot foto yang tersedia seperti bangunan yang mirip dengan suasana di Eropa, Santorini, dan kota yang warna warni. Selain itu, terdapat kedai kopi dan pengunjung pun dimanjakan dengan persewaan kostum. Bahkan yang akan melakukan foto prewedding juga dapat dilakukan disini. 

Heha Sky View dan Heha Ocean View

Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul. Sekarang, terdapat lokasi dengan berbeda view. Pemandangan dari Heha Sky View yang pertama adalah Kota Jogja dari ketinggian dan dapat dikunjungi dari Kota Jogja dalam waktu sekitar 40 menit. Selain itu, lokasi Heha Ocean View yang berada di tepi pantai selatan yang tentunya pemandangannya adalah laut selatan dair ketinggian. Namun, lokasinya dari kota Jogja sendiri membutuhkan waktu 2 jaman. Akan tetapi akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Selain itu, terdapat tempat berswafoto yang unik, tempat kuliner dan restoran dengan makanan khas Indonesia.

Obelix Hills

Tempat wisata ini tergolong tempat wisata yang baru dibangun dan kekinian. Pengunjung dapat dimanjakan dengan pemandangan dari ketinggian, spot foto menarik dan juga adanya restoran dengan berbagai menu khas Jogja. Selain kita menikmati pemandangan, kita dapat juga pergunakan untuk sembari mengobrol dengan kolega. Letaknya pun mudah dijangkau dan hanya 30 menit dari kota Jogja dan dekat tempat wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko. Jangan khawatir mengenai harganya. Harganya pun cukup terjangkau dan rasanya pun tidak kalah nikmat. Dari lokasi wisata ini, kita dapat juga melakukan trip menggunakan jeep dari tempat wisata Candi Ijo dan Tebing Breksi yang sebetulnya dapat dijangkau dengan cara sebaliknya. Jadi, sekali mendayung 2 tiga pulau terlampaui.

Studio Gamplong

Studio Gamplong ini sebetulnya merupakan tempat bekas untuk syuting film dari sutradara terkenal Indonesia, Hanung Bramantyo. Letaknya berada di kabupaten Kulon Progo. Dekat dengan jalur nasional selatan pulau Jawa. Di lokasi ini dibangun dengan arsitektur yang luar biasa yang disesuaikan dengan latar belakang film dengan konsep jaman dahulu. Sehingga, mata dimanjakan dengan pemandangan perkotaan pada jaman dahulu kala. Setiap sudutnya dapat dipergunakan untuk berswafoto bahkan jika akan melakukan foto prewedding pun dapat dilakukan di lokasi ini. Lokasi ini pun sekarang menyediakan tempat untuk menikmati hidangan nusantara yang harganya juga ramah dikantong.  

Baca juga : Tempat Kuliner di Jogja

Geblek Pari dan Tumpeng Menoreh

Lokasi dari tempat wisata ini tidak jauh dari Studio Gamplong. Sama-sama di Kabupaten Kulon Progo. Geblek Pari sendiri memberikan pemandangan dari persawahan yang memanjakan mata dengan adanya pemandangan pegunungan menoreh. Di lokasi ini menyediakan makanan ringan dengan menu di angkringan. Namun, spot fotonya pun sangat apik karena adanya keindahan alamnya. Selain itu, pengujung dapat sambil menggunakan scooter listrik atau sepeda yang disewakan untuk mengitari dan melewati di antara sawah sawah tersebut. 

Baca Juga :   Mau Liburan Bebas Visa ke 72 Negara? Ini Daftar Terlengkapnya

Sementara itu, Tumpeng Menoreh berlokasi di atas pegunungan menoreh. Jadi, kebalikan dengan Geblek Pari, pemandangan dari tumpeng menoreh adalah pemandangan dari ketinggian dan langitnya. Di lokasi ini pun juga disediakan berbagai macam hidangan nusantara yang tentunya harganya ramah di kantong.

Omah Kecebong

Lokasi wisata ini berada di Kabupaten Sleman dan dapat dijangkau 30 menit dari kota Jogja. Di lokasi wisata ini, pengunjung dapat dimanjakan dengan adanya spot foto yang menarik bahkan ada paket foto yang ditawarkan oleh tempat wisata ini. Jadi, pengunjung dapat menggunakan busana adat jawa sambil berfoto disekitaran lokasi wisata ini yang sudah di set dengan suasana kebudayaan jawa. Selain itu, pengunjung dapat juga melakukan outbond dan juga menikmati hidangan khas jawa atau nusantara. 

Selamat berwisata di Jogja!