Tips Mudah Menguasai Bahasa Inggris

Daftar Isi

Halo kembali lagi di blog ini. 

Tips Mudah Menguasai Bahasa Inggris. Mungkin kemarin sudah kita bahas mengenai pentingnya bahasa inggris setelah kuliah. Terus bagaimana cara kita dengan mudah menguasai bahasa inggris ini?

Banyak yang bertanya-tanya “orang kok gampang banget sih ngomong, cas cis cus pakai bahasa inggris?” atau kadang bertanya-tanya “ah, udah telat deh belajar bahasa inggris sekarang”. Tentu tidak ada kata terlambat ya, adanya adalah kata rajin dan rutin belajar saja. Selain tentunya kita perlu rutin belajar, ternyata kebiasaan-kebiasaan kita juga perlu diperhatikan dalam mudahnya menguasai bahasa inggris ini. 

Mendengarkan Musik dalam Bahasa Inggris

Mendengarkan musik atau lantunan lagu dalam bahasa inggris biasanya banya digunakan juga dan kadang menjadi cara yang efektif untuk memperbanyak kosakata bahasa inggris kita. Ya, kita menguasai bahasa inggris sebetulnya hanya perlu banyak mengumpulkan kosakata-kosata baru saja agar kita lebih mudah dalam berkomunikasi karena lebih banyak tahu artinya dari bahasa inggris dengan bahasa utama kita, yaitu bahasa indonesia. Jadi, ketika kita mendengarkan musik atau lagu ini, kan kita juga kadang perlu mengetahui arti atau makna dari lagu ini dari liriknya. Kita bisa belajar dari kosakata yang tercantum dalam lirik ini. Beberapa lirik memang terkadang tidak sesuai dengan grammar, namun kembali lagi, jika kita perbanyak kosakata terlebih dahulu akan mempermudah juga dalam pengusaan bahasa inggris secara lebih mendalam hingga ke grammarnya. 

Baca juga : Tips Mudah Menulis Skripsi dan Thesis

Menonton Film/Drama dalam Bahasa Inggris

Menonton film atau drama dalam bahasa inggris ini juga dapat membantu kita memperbanyak kosakata dalam bahasa inggris kita selain kita mendengarkan musik. Memang kadang yang perlu diperhatikan adalah “slang” atau “akses” dari aktornya, karena berbeda negara tentunya akan berbeda. Namun, secara umum kosakata yang digunakan akan sama. Jadi, dengan rutin menonton film/drama ditambah dengan mendengarkan musik akan memperbanyak kosakata kita dalam bahasa inggris dalam hal mendengarkan. Kalau kita menggunakan subtitle kita juga bisa belajar juga dari sini. Misal suka menonton drama Korea Selatan/China, pilihlah subtitle dalam bahasa inggris. Hal ini dapat mempermudah juga kita untuk menambahkan kosakata dalam bahasa inggris kita dalam hal membaca. 

Baca juga : Pentingnya Bahasa Inggris setelah lulus kuliah

Menggunakan Aplikasi pada Smartphone

Beberapa pengembang aplikasi tentunya telah banyak yang menyediakan beberapa ruang untuk belajar bersama dalam belajar bahasa inggris. Kita dapat dengan rutin menggunakan aplikasi tersebut untuk berlatih dalam pengusaan bahasa inggris ini. Hal yang sedang populer dan bahkan sudah diakui juga sertifikatnya oleh beberapa perguruan tinggi di US yaitu Duolingo. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk belajar bahasa inggris secara rutin, baik dalam hal membaca, mendengarkan maupun berkomunikasi. Jadi, kita tidak hanya menggunakan smartphone kita hanya untuk mengunggah story di IG/FB update Tiktok, namun dapat kita pergunakan sebagai tempat belajar kita juga. Salah satunya ya belajar menguasai bahasa inggris ini.

Baca Juga :   Pramuka Pemberani Harapan Bangsa

Bermain Game

Ternyata bermain game ini dapat membantu kita dalam mengusai bahasa inggris juga. Ada beberapa survey yang mengatakan bahwa game juga dapat membantu dalam mengusai bahasa inggris. Hal ini dapat diketahui saat kita memilih bahasa yang digunakan saat bermain game adalah bahasa inggris. Saat berkomunikasi dengan pemain-pemain game lainnya juga dengan menggunakan bahasa inggris. Jadi mau tidak mau kita akan dipaksa untuk memahami dan mencari kosakata untuk mengetahui arti dalam permainan game tersebut.

Baca juga : Wonderful Indonesia

Baca juga : Tips Cepat Menulis dan Publish Jurnal Nasional Terindeks

Metode “Salah Paham”

Kita mungkin sebelumnya sudah takut duluan ketika akan berbicara dalam bahasa inggris. Kita harus berani langsung berbicara dengan bahasa inggris. Bisa dari kerabat dekat kita atau bahkan langsung dicoba dengan orang-orang native dari negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya. Kita paham yang orang lain sampaikan dalam bahasa inggris, kita dapat menangkap apa yang mereka bicarakan namun kita sulit untuk membalas. Ya, sebetulnya karena kadang kita sudah takut duluan. Tenang saja, metode salah paham ini yang dapat kita gunakan. Tidak perlu takut kita ngomong grammarnya sudah betul atau belum, yang terpenting adalah orang yang berkomunikasi dengan kita memahami apa yang kita maksud. Jadi, salah paham “tidak apa apa salah yang penting mereka paham”. Bahkan, kita bisa menambahkan sedikit body language atau gerakan tubuh kita agar orang yang berkomunikasi dengan kita dapat dengan mudah memahaminya. 

Semoga bermanfaat!!!