5 Rekomendasi Bakpia Populer Oleh-oleh Terbaik Khas Jogja

Daftar Isi

merlindawibowo.com – Bakpia adalah oleh-oleh khas Yogyakarta yang sangat populer. Makanan ini adalah makanan tradisional khas Yogyakarta yang berupa kue kecil berbentuk bulat dengan isian manis. Asal mula makanan ini dapat ditelusuri ke komunitas Tionghoa di Yogyakarta, yang memperkenalkan kue ini sebagai adaptasi dari kue tradisional Tiongkok, “tou luk pia” atau “bakpia”. Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan berbagai macam isian, seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan berbagai varian lainnya. Setelah diisi, adonan tersebut dipanggang hingga kulitnya menjadi renyah.

Kelebihan

  1. Varian Rasa: Makanan ini Jogja tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari rasa tradisional seperti kacang hijau, hingga varian modern seperti keju, cokelat, durian, dan cappuccino.
  2. Tekstur: Makanan ini memiliki tekstur kulit yang renyah di luar namun lembut di dalam, memberikan sensasi makan yang unik.
  3. Oleh-oleh Populer: Makanan ini adalah oleh-oleh yang sangat populer dari Yogyakarta, menjadikannya pilihan utama bagi wisatawan yang ingin membawa kenang-kenangan dari Jogja.

Kekurangan

  1. Ketahanan: Makanan ini tidak tahan lama jika tidak disimpan dengan benar. Biasanya, makanan ini hanya tahan beberapa hari di suhu ruangan.
  2. Kandungan Kalori: Makanan ini mengandung cukup banyak kalori dan gula, sehingga harus dikonsumsi dengan bijak.

Membeli makanan khas Jogja ini adalah pengalaman yang sangat direkomendasikan ketika berkunjung ke Yogyakarta, dan berikut adalah beberapa alasan mengapa:

1. Ikon Kuliner Yogyakarta

Makanan ini adalah salah satu ikon kuliner Yogyakarta yang sangat terkenal. Menikmati bakpia memberikan pengalaman autentik dari budaya kuliner Jogja yang khas dan bersejarah.

2. Oleh-Oleh Khas

Makanan ini adalah oleh-oleh yang paling dicari dan diandalkan oleh wisatawan. Membawa makanan ini sebagai oleh-oleh menunjukkan bahwa Anda telah mengunjungi Yogyakarta dan ingin berbagi bagian dari budaya kota ini dengan orang lain.

Baca Juga :   5 Daftar Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling

3. Varian Rasa yang Beragam

Makanan ini hadir dalam berbagai varian rasa yang menggoda, mulai dari kacang hijau, cokelat, keju, durian, hingga cappuccino. Hal ini membuatnya cocok untuk berbagai selera dan memberikan pengalaman mencicipi yang unik setiap kali.

4. Tekstur yang Unik

Makanan ini memiliki tekstur yang khas, yaitu kulit yang renyah dengan isian yang lembut dan manis di dalam. Kombinasi ini memberikan sensasi makan yang memuaskan dan berbeda dari kue-kue lainnya.

5. Warisan Budaya

Makanan ini tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga merupakan bagian dari warisan budaya Tionghoa-Jawa yang ada di Yogyakarta. Membeli dan menikmati makanan ini adalah salah satu cara untuk menghargai dan melestarikan warisan budaya ini.

6. Produk Lokal Berkualitas

Banyak produsen bakpia di Jogja yang menjaga kualitas produknya dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan proses pembuatan yang higienis. Hal ini memastikan bahwa Anda mendapatkan produk terbaik yang aman dan lezat.

7. Pengalaman Kuliner

Membeli makanan ini langsung dari toko atau pusat oleh-oleh di Yogyakarta memberikan pengalaman kuliner yang lebih kaya. Anda bisa melihat langsung proses pembuatannya, mencicipi berbagai varian rasa, dan merasakan keramahan khas masyarakat Jogja.

bakpia

Rekomendasi Bakpia Enak Oleh-oleh terbaik dari Jogja

1. Bakpia Pathok 25

    • Alamat: Jl. AIP II KS Tubun NG I/504, Ngampilan, Yogyakarta.
    • Kelebihan: Terkenal dengan tekstur yang lembut dan varian rasa yang beragam seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan lainnya.
    • Website: Bakpia Pathok 25

    2. Bakpia Kurnia Sari

      • Alamat: Jl. Glagahsari No. 91C, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.
      • Kelebihan: Dikenal karena rasa yang otentik dan ukuran yang besar. Tersedia dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, kacang hijau, dan lainnya.
      • Website: Bakpia Kurnia Sari
      Baca Juga :   POV Köln, Kota Parfum

      3. Bakpia Kukus Tugu

        • Alamat: PT Agrinesia Raya Sleman – 55282, Indonesia
        • Kelebihan: Memiliki tekstur varian rasa yang unik serta bentuknya yang berbeda dengan bakpia pada umumnya.
        • Website: Bakpia Kukus Tugu

        4. Bakpia Djava

          • Alamat: Jl. Laksda Adisucipto Km. 7, Yogyakarta.
          • Kelebihan: Menggunakan bahan berkualitas dan proses pembuatan yang higienis. Varian rasa yang ditawarkan cukup beragam.
          • Website: Bakpia Djava

          5. Bakpia Kencana

            • Alamat: Jl. Wates Yogyakarta.
            • Kelebihan: Terkenal dengan kulit yang tipis dan isian yang melimpah. Varian rasa seperti kacang hijau, cokelat, dan keju sangat digemari.
            • Website: Bakpia Kencana

            Sebetulnya masih banyak jenis lainnya yang terbaru ada Joewara Satu, Mutiara, Asli, dan sebagainya. Masing-masing merek makanan ini di atas memiliki keunikan dan keunggulannya sendiri, sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk mencoba berbagai varian rasa yang mereka tawarkan!