8 Street Food Singapura yang Wajib Masuk Travel List Kamu!

Daftar Isi

merlindawibowo.com – Street food Singapura terkenal dengan keberagamannya dan kualitas yang tinggi. Kota ini adalah surga bagi para pencinta kuliner, menawarkan berbagai macam hidangan yang mencerminkan kekayaan budaya dan warisan multietnisnya.

Kenapa Memilih Menikmati Kuliner Street Food Singapura?

Memilih untuk menikmati kuliner street food Singapura memiliki banyak kelebihan yang membuat pengalaman kuliner Anda sangat berkesan. Berikut adalah beberapa alasan utama:

Keanekaragaman Kuliner

Singapura adalah melting pot budaya dengan pengaruh Melayu, Cina, India, dan Barat. Hal ini tercermin dalam ragam kuliner yang tersedia di hawker centres. Anda dapat menikmati berbagai hidangan dari berbagai budaya dalam satu tempat.

Harga Terjangkau

Street food di Singapura menawarkan hidangan berkualitas tinggi dengan harga yang sangat terjangkau. Ini memungkinkan Anda menikmati berbagai jenis makanan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Kualitas dan Kebersihan

Pemerintah Singapura menerapkan standar kebersihan yang ketat untuk hawker centres. Semua penjual makanan diharuskan memenuhi peraturan kebersihan yang ketat, memastikan bahwa makanan yang Anda nikmati aman dan bersih.

Rasa Autentik

Banyak hawker centres di Singapura yang sudah beroperasi selama beberapa dekade, diwariskan dari generasi ke generasi. Ini memastikan bahwa resep dan metode memasak tradisional tetap terjaga, memberikan rasa yang autentik dan lezat.

Pengalaman Sosial

Makan di hawker centres memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan memahami budaya makan mereka. Suasana yang ramai dan meriah menambah keunikan pengalaman kuliner Anda.

Hidangan Ikonik

Banyak hidangan street food di Singapura yang telah mendapatkan pengakuan internasional, seperti Hainanese Chicken Rice, Char Kway Teow, dan Chilli Crab. Mencicipi hidangan ini langsung dari sumbernya memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga :   Kenali 2 Bumbu Dasar dalam Masakan Nusantara

Aksesibilitas

Hawker centres tersebar di seluruh penjuru Singapura, sehingga mudah diakses dari berbagai lokasi. Baik Anda berada di pusat kota atau di pinggiran, Anda selalu dapat menemukan tempat yang menawarkan street food yang lezat.

Variasi Makanan Sehat

Selain makanan yang lezat dan penuh rasa, banyak hawker centres juga menawarkan pilihan makanan sehat, seperti salad, jus segar, dan makanan vegetarian. Ini memungkinkan Anda menikmati makanan sehat tanpa mengorbankan rasa.

Budaya Kuliner yang Diakui UNESCO

Pada tahun 2020, budaya hawker Singapura diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda, menegaskan pentingnya dan keunikan tradisi kuliner ini.

street food singapura

Dengan semua kelebihan ini, menikmati kuliner street food Singapura bukan hanya tentang makan, tetapi juga tentang merasakan budaya dan tradisi yang kaya dan beragam.

    Street food Singapura yang populer meliputi:

    1. Hainanese Chicken Rice

    Hidangan nasional Singapura yang terdiri dari ayam rebus atau panggang yang disajikan dengan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, dan dilengkapi dengan saus cabai, saus jahe, dan kecap asin.

    2. Char Kway Teow

    Mi pipih goreng yang dicampur dengan tauge, telur, kucai, udang, kerang, dan kadang-kadang potongan sosis Cina. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan sedikit manis karena penggunaan kecap manis.

    3. Laksa

    Sup mi pedas yang biasanya terbuat dari kuah santan atau kuah asam, dilengkapi dengan udang, kerang, tahu, telur, dan mi beras. Laksa Katong adalah salah satu varian terkenal di Singapura.

    4. Satay

    Daging yang ditusuk dan dipanggang, biasanya daging ayam, sapi, atau kambing, yang disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa, ketupat (nasi yang dibungkus daun kelapa), irisan bawang merah, dan ketimun.

    Baca Juga :   Kehidupan dan Karier William Shakespeare

    5. Roti Prata

    Roti pipih yang digoreng dan biasanya disajikan dengan kari. Bisa juga disajikan dengan berbagai topping manis seperti gula atau susu kental manis.

    6. Chilli Crab

    Hidangan kepiting yang dimasak dengan saus tomat dan cabai, biasanya disajikan dengan roti mantou goreng untuk mencelupkan ke dalam sausnya yang kaya dan pedas.

    7. Bak Kut Teh

    Sup iga babi yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah seperti lada putih, bawang putih, dan herba, yang memberikan rasa yang dalam dan hangat.

    8. Nasi Lemak

    Nasi yang dimasak dengan santan, disajikan dengan ikan bilis goreng (ikan teri), kacang tanah, telur, ikan, atau ayam, serta sambal.

    Tempat terbaik untuk menikmati street food di Singapura adalah di hawker centers seperti Maxwell Food Centre, Lau Pa Sat, dan Chinatown Complex Food Centre. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai hidangan lezat dengan harga yang terjangkau, sambil menikmati suasana lokal yang autentik.

    Singapura menawarkan beragam street food singapura halal yang lezat dan mencerminkan kekayaan kuliner serta keanekaragaman budaya kota ini. Berikut adalah beberapa contoh street food halal yang populer di Singapura

    Geylang Serai Market: Salah satu pusat kuliner halal terbesar di Singapura, menawarkan berbagai hidangan Melayu dan Indonesia.

    Tekka Centre: Terletak di Little India, tempat ini menawarkan banyak pilihan makanan India dan Melayu yang halal.

    Zam Zam Restaurant: Terkenal dengan murtabak dan nasi biryaninya, terletak dekat Masjid Sultan di Kampong Glam.

    Hajah Maimunah Restaurant: Menyajikan nasi Padang yang autentik dan beragam hidangan khas Melayu.

    Dengan berbagai pilihan tersebut, Anda dapat menikmati kuliner halal yang lezat dan autentik di Singapura.

    Baca Juga :   Daftar Universitas Terbaik di Yogyakarta

    Mana yang mau kamu cobain duluan?