Trip Sehari Dari Johor Bahru ke Singapura, patut dicoba!

Daftar Isi

Perjalanan dari Johor Bahru ke Singapura adalah perjalanan yang umum dilakukan oleh banyak orang. Johor Bahru adalah ibu kota dari negara bagian Johor di Malaysia. Kota ini terletak di bagian selatan Semenanjung Malaysia, berbatasan langsung dengan Singapura. Johor Bahru adalah kota yang penting dalam hal perdagangan, ekonomi, dan pariwisata di Malaysia. Beberapa tempat menarik di Johor Bahru termasuk Istana Besar, Dataran Bandaraya Johor Bahru, dan Zona Bebas Tunjung Langsat. Selain itu, banyak orang dari Singapura mengunjungi Johor Bahru untuk berbelanja, makan, dan berlibur akhir pekan karena lokasinya yang dekat. 

Anda dapat melakukan perjalanan dari Johor Bahru ke Singapura dengan beberapa cara:

1. Kereta Api: Anda bisa naik kereta api di Stasiun Kereta Api Johor Bahru Sentral menuju Stasiun Kereta Api Woodlands di Singapura. Ini adalah cara yang nyaman dan relatif cepat untuk melakukan perjalanan antara kedua kota.

2. Bus: Banyak perusahaan bus yang menyediakan layanan bus antara Johor Bahru dan Singapura. Perjalanan bus biasanya memakan waktu lebih lama dibandingkan kereta api atau mobil pribadi, tergantung pada lalu lintas di perbatasan.

3. Mobil pribadi atau taksi: Anda dapat mengemudi sendiri atau naik taksi dari Johor Bahru ke Singapura melalui Jembatan Tuas (Tuas Second Link). Pastikan Anda memiliki izin yang diperlukan dan memahami prosedur perbatasan.

4. Menggunakan sepeda motor atau sepeda: Beberapa orang juga memilih untuk menggunakan sepeda motor atau sepeda untuk melakukan perjalanan antara kedua kota ini, terutama jika mereka memiliki izin yang diperlukan.

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda memiliki dokumen dan izin yang diperlukan untuk melewati perbatasan antara Malaysia dan Singapura, terutama jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Juga, pastikan untuk memeriksa waktu perjalanan dan lalu lintas yang mungkin memengaruhi durasi perjalanan Anda.

Wisata dari Johor Bahru ke Singapura

Banyak orang melakukan perjalanan sehari dari Johor Bahru ke Singapura karena beberapa alasan:

1. Belanja: Singapura dikenal sebagai pusat perbelanjaan dengan berbagai pusat perbelanjaan dan toko-toko mewah. Banyak orang dari Johor Bahru melakukan perjalanan ke Singapura untuk berbelanja barang-barang dengan merek terkenal dan produk-produk kelas atas.

Baca Juga :   Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Manado dan Sekitarnya

2. Makanan: Singapura memiliki ragam kuliner yang sangat beragam dan terkenal di seluruh dunia. Banyak orang dari Johor Bahru datang ke Singapura untuk mencicipi makanan enak dan unik yang sulit ditemukan di tempat lain.

3. Hiburan: Singapura menawarkan berbagai atraksi dan tempat hiburan, seperti taman hiburan Universal Studios Singapore, taman safari, taman botani, dan banyak lagi. Orang-orang dari Johor Bahru melakukan perjalanan ke sana untuk menikmati liburan singkat dan bermain-main di tempat-tempat ini.

4. Aktivitas Rekreasi: Singapura memiliki pantai yang indah, taman-taman yang luas, dan fasilitas rekreasi yang baik. Ini menarik bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu santai di tempat yang berbeda dari rutinitas sehari-hari mereka.

5. Koneksi Internasional: Singapura adalah pusat bisnis dan koneksi internasional. Banyak orang yang bekerja atau memiliki bisnis di Johor Bahru atau sekitarnya, mengambil kesempatan untuk mengunjungi Singapura untuk pertemuan bisnis, seminar, atau konferensi.

6. Liburan Singkat: Karena Johor Bahru berdekatan dengan Singapura, banyak orang mengambil kesempatan untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan singkat di Singapura tanpa harus melakukan perjalanan yang panjang.

7. Tempat Wisata: Singapura memiliki banyak tempat wisata menarik, seperti Gardens by the Bay, Marina Bay Sands, Sentosa Island, dan lain-lain. Banyak wisatawan dari Johor Bahru datang ke Singapura untuk menjelajahi tempat-tempat ini.

Ketika melakukan perjalanan sehari dari Johor Bahru ke Singapura, penting untuk memastikan Anda memiliki semua dokumen perjalanan dan izin yang diperlukan, serta memeriksa lalu lintas dan waktu perjalanan yang optimal.

Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi dalam waktu sehari di Singapura:

1. Merlion Park: Kunjungi tugu Merlion yang terkenal, simbol Singapura, dan nikmati pemandangan Menara Marina Bay di latar belakang.

2. Gardens by the Bay: Jelajahi taman futuristik ini dengan Supertree Grove yang ikonik, Flower Dome, dan Cloud Forest.

3. Marina Bay Sands: Nikmati pemandangan kota dari SkyPark, jelajahi pusat perbelanjaan yang megah, atau mencoba keberuntungan di kasino.

4. Sentosa Island: Tempat ini menawarkan berbagai atraksi seperti Universal Studios Singapore, Adventure Cove Waterpark, dan pantai-pantai yang indah.

Baca Juga :   Ide Judul Skripsi: Analisis Sentimen Tepat Pergerakan Penduduk Indonesia Saat Libur Panjang

5. Chinatown: Nikmati atmosfer budaya Tionghoa dengan menjelajahi toko-toko, kuil-kuil, dan mencicipi hidangan lezat di restoran-restoran lokal.

6. Little India: Menyelam dalam kekayaan budaya India dengan menjelajahi toko-toko bunga, rempah-rempah, dan restoran-restoran India yang autentik.

7. Arab Street dan Kampong Glam: Jelajahi kawasan ini dengan masjid-masjid indah, toko-toko unik, dan seni jalanan yang menarik.

8. National Museum of Singapore: Pelajari sejarah dan budaya Singapura melalui pameran-pameran menarik di museum nasional.

9. Singapore Botanic Gardens: Nikmati waktu santai di taman botani yang luas dan jelajahi Taman Anggrek Nasional.

10. Singapore Zoo atau Night Safari: Jika waktu memungkinkan, Anda dapat mengunjungi kebun binatang atau Night Safari untuk pengalaman melihat satwa malam.

Ingatlah untuk memeriksa jam operasional, harga tiket, dan aksesibilitas tempat-tempat ini sebelum pergi. Jika Anda merencanakan perjalanan yang padat, pastikan Anda memiliki rencana perjalanan yang baik dan peta Singapura untuk memudahkan navigasi.

Baca Juga : Berkunjung ke Singapura, Inilah 12 Aktifitas Gratis yang Dapat Dinikmati

Singapura memiliki banyak pilihan restoran dan tempat makan yang menyajikan kuliner halal. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi:

1. Arab Street dan Kampong Glam: Kawasan ini memiliki banyak restoran dan warung yang menyajikan makanan halal, seperti makanan Timur Tengah dan masakan Melayu.

2. Geylang Serai Market: Pasar ini adalah tempat yang baik untuk menemukan makanan dan jajanan khas Melayu yang halal.

3. Lau Pa Sat: Pasar makanan ini memiliki berbagai warung yang menyajikan hidangan halal, termasuk makanan Tionghoa dan Melayu.

4. Islamic Restaurant: Restoran ini dikenal karena menyajikan masakan India dan Arab yang halal.

5. Rumah Makan Padang: Ada banyak rumah makan Padang di Singapura yang menyajikan hidangan Indonesia yang halal.

6. Bismillah Biryani: Tempat ini populer karena menyajikan berbagai hidangan berbahan dasar daging dan nasi yang lezat.

7. The Halia: Restoran ini menawarkan hidangan Asia modern dan internasional dengan sertifikat halal.

8. Royz et Vous: Restoran ini menghidangkan hidangan kontemporer dengan bahan-bahan halal dan variasi menu yang menarik.

9. The Malayan Council: Tempat ini dikenal dengan hidangan khas Melayu dan Arab yang lezat.

Baca Juga :   Studi di RWTH Aachen

10. Mizzy Corner Nasi Lemak: Anda bisa menikmati hidangan nasi lemak yang terkenal di sini.

Pastikan untuk memverifikasi kehalalan makanan dan sertifikat halal dari restoran sebelum Anda makan di sana. Singapura adalah tempat yang ramah terhadap keberagaman dan menawarkan berbagai pilihan kuliner halal bagi wisatawan dan penduduk setempat.

Di Singapura, Anda dapat menemukan oleh-oleh unik dan khas di berbagai tempat. Berikut adalah beberapa tempat yang baik untuk mencari oleh-oleh di Singapura:

1. Chinatown Heritage Centre: Di sini Anda dapat menemukan berbagai toko yang menjual barang-barang tradisional Tionghoa, seperti ukiran kayu, kipas tangan, dan mainan tradisional.

2. Lau Pa Sat: Pasar makanan ini memiliki area di sekitarnya yang menjual oleh-oleh seperti bumbu dan rempah-rempah, cokelat, dan camilan khas Singapura.

3. Little India: Di daerah ini, Anda akan menemukan toko-toko yang menjual tekstil, kerajinan tangan, perhiasan, dan rempah-rempah India.

4. Haji Lane: Jalan yang penuh dengan butik-butik unik ini menyediakan pakaian, aksesori, dan barang-barang seni yang unik.

5. Geylang Serai Market: Pasar ini adalah tempat yang baik untuk mencari oleh-oleh khas Melayu seperti pakaian tradisional, makanan ringan, dan barang-barang kerajinan tangan.

6. Duty-Free Shopping di Bandara Changi: Jika Anda bepergian dengan pesawat, Anda dapat mengeksplorasi toko-toko duty-free di Bandara Changi yang menyediakan parfum, kosmetik, produk elektronik, dan barang-barang mewah.

7. Raffles Hotel Gift Shops: Jika Anda mencari oleh-oleh yang mewah, Anda dapat mengunjungi toko-toko hadiah di Raffles Hotel yang menjual barang-barang eksklusif dan klasik.

8. Mustafa Centre: Toko serba ada ini buka 24 jam dan menjual berbagai barang termasuk perhiasan, elektronik, kosmetik, dan makanan.

9. Kampong Glam: Di sini Anda akan menemukan toko-toko yang menjual aksesori etnis, kain batik, dan barang-barang seni.

10. Toko Cokelat: Banyak toko di Singapura yang menjual cokelat lokal dan impor yang bagus sebagai oleh-oleh.

Pastikan untuk memeriksa jam operasional dan ketersediaan produk sebelum mengunjungi toko-toko ini. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan batasan dan aturan bea cukai jika Anda berencana membawa oleh-oleh kembali ke negara asal.