Cara Menggunakan Canva dan Powtoon Sebagai Pendukung Media Pembelajaran

Daftar Isi

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pada saat ini tidak terlepas pengaruhnya pada dunia pendidikan. Tuntutan global terus menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi sebagai peningkatan mutu pendidikan, maka peningkatan kinerja guru pada masa mendatang di perlukannya sistem informasi dan teknologi yang mana tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendukung, tetapi juga sebagai senjata utama untuk mendukung keberhasilan kinerja guru sehingga mampu bersaing dalam dunia global (Budiman,2017). 

Namun, minat guru dalam pengembangan diri cukup rendah karena ketidakmampuan mengikuti perkembangan teknologi sehingga perlu dilakukan tindakan tepat, yakni diperlukan adanya sosialisasi teknologi yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materinya secara menarik dan menyenangkan. 

Solusi dari permasalahan yang dihadapi guru adalah penggunaan media yang tepat sebagai media pembelajaran yang menarik. Salah satu dari banyaknya aplikasi yang telah hadir dalam dunia teknologi adalah Aplikasi Canva. Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, penanda buku, bulletin, dan lain sebagainya.  Adapun jenis – jenis presentasi yang ada pada aplikasi canva seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan lain sebagainya. Selain itu, Powtoon adalah aplikasi web berbasis IT yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang di dalamnya terdapat fitur-fitur menarik seperti fitur untuk membuat presentasi atau video animasi yang dapat digunakan dengan mudah dan menarik. Melalui media Powtoon diharapkan dapat memudahkan pendidik dalam membuat materi pelajaran yang terlihat menarik dan kreatif. Selain dapat memudahkan pendidik dalam hal ini yaitu guru, Powtoon juga diharapkan dapat membuat siswa lebih semangat dalam menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran Powtoon ini memiliki kelebihan yaitu banyaknya fitur animasi yang bermacammacam serta efek yang membuat presentasi atau video pembelajaran terlihat menarik. Selain itu, time line yang terdapat dalam Powtoon juga dapat digunakan dengan mudah dibandingkan aplikasi-aplikasi lain yang sejenis dengannya. 

Baca Juga :   Apple Watch SE Gen 2

Canva 

Canva merupakan aplikasi desain grafis online yang memudahkan penggunanya untuk membuat berbagai desain, seperti desain CV, poster, logo dan lain-lain. Canva sangat bermafaat karena 

  • Mudah digunakan sebagai alat mengajar
  • Mengajarkan ilmu pengetahuan
  • Meningkatkan kreativitas & keterampilan
  • Dan meningkatkan kolaborasi

Cara membuat akun Canva 

  • Kunjungi situs www.canva.com
  • Pilih sign up sesuai keinginan yaitu dengan email. Facebook, atau Google
  • Masukkan nama lengkap, email dan password
  • Jika sign up menggunakan Facebook atau google maka lakukan authorize access
  • Setelah data terisi, klik sign up. Akun canva sudah siap digunakan

Cara memilih desain canva

  • Setelah log in, klik tombol desain
  • Pilih salah satu desain template yang ingin dibuat
  • Di samping kiri ada berbagai macam fitur yang bisa digunakan 
  • Setelah semuanya selesai, hasil yang telah dibuat bisa di download

Powtoon

Powtoon adalah aplikasi web berbasis IT yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang di dalamnya terdapat fitur-fitur menarik seperti fitur untuk membuat presentasi atau video animasi yang dapat digunakan dengan mudah dan menarik. Powtoon menjadi aplikasi yang tepat digunakan untuk membuat video, karena pada platform ini menyediakan animasi unik yang tidak dimiliki platform lainnya. Powtoon memiliki beragam pola untuk membuat video, mulai dari video marketing, oenjelasan, infografik, presentasi dan juga iklan.

Baca juga : Desain Poster dengan Photoshop

Manfaat dari Powtoon, antara lain :

  • Pembelajaran menjadi lebih efektif
  • Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
  • Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran

Sementara itu kelebihannya adalah 

  • Powtoon memiliki pilihan berbagai pilihan animasi yang menarik.
  • Hasil video yang dibuat menggunakan powtoon dapat mencakup dua aspek indera penglihatan dan pendengaran.
  • Interaktif 
  • Materi disajikan secara interaktif dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami oleh siswa.
Baca Juga :   Augmented Reality Aplication for Android

Namun, ada beberapa kekurangan dari Powtoon :

  • Durasi terbatas karena perlu membeli lisensi
  • Untuk menyimpan memerlukan internet dengan kecepatan yang stabil karena hasil akhirnya berbentuk video yang memiliki kapasitas memori besar.
  • Ketergantungan pada ketersedian dukungan sarana teknologi.

Cara Pembuatan Video

1. Kunjungi powtoon.com

2. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian klik START NOW.

3. Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini, masukkan email beserta password email kalian untuk membuat akun POWTOON.

4. Jika tampilan pada laptop atau PC sudah menjadi seperti gambar dibawah ini, Anda sudah masuk pada aplikasi POWTOON.

5. Kemudian klik pada bagian BLANK POWTOON atau Anda juga dapat menggukan template, klik bagian tema yang kalian inginkan.

Baca juga : Desain Vector Tank dengan CorelDraw

5. Setelah laman BLANK POWTOON muncul, maka kalian dapat membuat video dengan selera Anda, fitur-fitur yang dimiliki POWTOON terletak pada sisi kanan, dengan fitur-fitur tersebut Anda dapat membuat video sesuai dengan selera kalian masing-masing.

6. Untuk menyimpan hasil video, klik export dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran yang menarik yang akan berdampak pada meningkatnya minat dan hasil belajar peserta didik. Aplikasi Canva dan Powtoon dapat menjadi salah satu upaya kreatif dan inovatif guru dalam mendesain pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah difahami oleh peserta didik.

Semoga bermanfaat!!