Pengenalan Class dan Object Pada Object-Oriented Programming dengan Java Beserta Contoh Penerapannya

Daftar Isi

Simple-nya, class adalah sebuah cetakan dan object adalah produk yang sudah jadi. Dalam pemrograman, kita menggunakan class untuk merancang sebuah object. Dalam class, ada yang namanya atribut dan method. Sekarang perhatikan class diagram berikut:

Class diagram dibagi menjadi 3 bagian. Dari yang paling atas adalah nama class tersebut, lalu ke bawah ada attribute yang dimiliki class tersebut, lalu bawahnya ada method. Attribute pada dasarnya adalah variable, ia menentukan apa yang dimiliki oleh class tersebut, dan method pada dasarnya adalah fungsi atau prosedur, ia menentukan apa yang dapat dilakukan oleh class tersebut.

Dalam pemrograman berbasis object, ada yang namanya visibility modifier. Modifier ini menentukan apakah attribute atau method dapat diakses oleh class lain. Dalam bahasa Java, ada 3 jenis modifier:

  1. Public (+), berarti attribute/method tersebut dapat diakses secara langsung oleh class lain.
  2. Protected (#), berarti attribute/method tersebut dapat diakses secara langsung oleh class lain yang masih satu package dengan class dimana attribute atau method tersebut dituliskan.
  3. Private (-), berarti attribute atau method tersebut tidak dapat diakses secara langsung oleh class lain.

Baca juga : Pengenalan Object Oriented Programming

Contoh Class dan Object

Buatlah package baru dengan format com.nama.praktikumpbo.pertemuan2.guided, lalu ikuti langkah langkah di bawah:

Function

Buatlah kelas baru di package guided dengan nama “DemoFunction” dan salin kode berikut:

Hasil running:

Class-Object

Buatlah class baru dengan nama “Mahasiswa”, dan tulis code program seperti berikut:

Buatlah sebuah class baru dengan nama “Objek”, dan tulis kode program seperti dibawah ini.

Method (Fungsi dalam kelas)

Buatlah sebuah class baru dengan nama “TestPass”, dan tulis kode program seperti dibawah ini.

Lalu buatlah sebuah class baru dengan nama “Passed”, dan tulis kode program seperti dibawah ini. 

Setelah melengkapinya lalu jalankan programnya, maka output dari program tersebut akan seperti ini. 

Getter dan Setter

Baca Juga :   12 Ways to Improve Your Child's Concentration

Buatlah sebuah class baru dengan nama “Manusia”, dan tulis kode program seperti dibawah ini.

Lalu buatlah sebuah class baru dengan nama “DemoManusia”, dan tulis kode program seperti dibawah ini.

Setelah melengkapinya lalu jalankan programnya, maka output dari program tersebut akan seperti ini:

Semoga bermanfaat!!