Machine Learning untuk Klasifikasi Citra BioMedical

Daftar Isi

Machine learning memang dapat dimanfaatkan untuk proses pengolahan data dalam bentuk apapun. Baik berupa data dalam bentuk excel yang sudah tersusun rapi, bentuk teks, gambar, video, audio dan lain sebagainya. Setiap data tersebut tentunya proses pengolahannya akan memiliki perbedaan khususnya dalam penggunaan algoritma yang akan dipakai. 

Baca juga : Mengenal Machine Learning

Machine learning untuk proses pengolahan pada data dalam bentuk gambar.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai penggunaan machine learning untuk proses pengolahan pada data dalam bentuk gambar. Data dalam bentuk ini tentunya juga beragam macamnya. Tergantung dari domain atau bidang yang akan difokuskan. Salah satu bidang yang sedang populer saat ini adalah dalam bidang kesehatan atau medis. Data gambar ini dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam proses penanganan kesehatan. Pada saat pandemi covid-19 berbagai macam data pun digunakan sebagai proses analisis, baik dalam bentuk data pasien yang tercatat maupun data gambar x-ray dari pasien yang terkena covid-19. Hal ini digunakan untuk membantu mengurangi adanya kesalahan diagnosa, ataupun untuk memprediksi tingginya gelombang covid-19, dan lain sebagainya. Banyak peneliti yang telah melakukan penelitiannya untuk mengurangi dampak dari pandemi ini. 

Dalam hal, khususnya pada kesalahan diagnosa ini terjadi dibanyak kasus. Bersumber dari The Institute of Medicine news, Amerika memiliki pengalaman 12 milyar kasus kesalahan eror diagnosa per tahunnya. Selain itu, menurut NCPA, 28% kesalahan diagnosa dapat menyebabkan kematian atau cacat permanen ataupun hidup yang harus selalu melakukan treatment. Dalam kasus kesalahan diagnosa ini pun juga menyebabkan tingginya angka kerugian dari cost treatmentnya. Jadi, banyak pihak yang dirugikan. Oleh karena itu, untuk mengurangi kesalahan eror dari diagnosa ini tentunya perlu adanya bantuan dari analisis yang mendalam mengenai hal ini. 

Baca Juga :   Deteksi Suara dengan Mel Frequency Coefficient (MFCC)
Biomedical Imaging

Pada kenyataannya, banyak sekali terdapat gambar-gambar yang dihasilkan dalam bidang biomedical ini. Di Amerika sendiri terdapat 700 billion gambar pertahunnya yang dihasilkan. Gambar-gambar ini dapat dijadikan sampel untuk melakukan scanning dalam hal membantu untuk mengurangi dampak misdiagnosis serta kesalahan dalam ketidakakuratan dalam melakukan treatment.

Baca juga : Algoritma Klasifikasi pada Machine Learning

Pendekatan Algoritma Machine Learning

Machine Learning dapat digunakan sebagai pendekatan algoritma yang tepat untuk membantu dalam proses analisa ini secara lebih akurat. Teknik dalam machine learning ada dua bentuk, yaitu :

  1. Unsupervised Learning, kelompok dan intrepretasi data yang hanya berdasarkan dari inputan data. Biasanya digunakan algoritma dengan pendekatan untuk Clustering.
  2. Supervised Learning, membangun model prediksi berdasarkan kedua inputan dan outputan data. Biasanya dalam bentuk klasifikasi atau regresi.

Penelitian dengan menggunakan gambar biomedical ini dapat memanfaatkan machine learning dan bahkan deep learning dapat dilakukan dengan mudah dengan beragam sampel data yang telah tersedia. 

Semoga bermanfaat!!