Hal yang Dilarang Saat Berwisata di Laut

Daftar Isi

Sebagai sebuah negara kepulauan maka tidak heran jika keindahan alam bawah laut Indonesia ini menjadi magnet oleh wisatawan. Terutama bagi para penggemar snorkeling dan diving. Terdapat banyak wisatawan dari mancanegara yang rela datang jauh-jauh untuk dapat menikmati keindahan bawah laut dan tempat wisata air yang ada di Indonesia. Termasuk juga para wisatawan dari dalam negeri yang juga turut mendatangi spot-spot bawah laut baru yang sedang trend seperti Alor dan juga Mandeh hingga pulau Weh. Akan tetapi merupakan salah satu kekurangan yaitu kesadaran dari para wisatawan yang tidak menjaga ekosistem laut pada kalangan wisatawan yang harus diingatkan. Terutama berkaitan dengan masalah sampah dan juga aktivitas snorkeling yang kurang tepat sehingga dapat merusak laut serta ekosistemnya. 

Untuk dapat mencegah rusaknya lingkungan dan ekosistem laut maka berikut ini beberapa hal yang dilarang saat berwisata di laut.

1. Membuang sampah sembarangan

Hal yang dilarang saat berwisata di laut yang pertama ialah membuang sampah sembarangan. Merupakan hal yang paling sering anda dapat iya itu larangan membuang sampah sembarangan ini juga berlaku pada saat Anda menikmati keindahan di laut. Meskipun terkesan sepele hal ini jangan pernah anda lakukan untuk membuang bungkus permen atau sisa plastik makanan lainnya secara sembarangan apalagi dibuang ke laut. Hal ini dikarenakan limbah di laut ini akan lebih lama terurai daripada limbah yang ada di tanah dan membuat laut menjadi kotor serta mengurangi keindahan dari bawah laut.

2. Menginjak terumbu karang

hal yang dilarang di saat anda berkunjung atau berwisata ke laut yang selanjutnya ialah menginjak terumbu karang. Di saat melakukan snorkeling di perairan yang dangkal terumbu karang ini menjadi sangat terawat untuk terinjak atau dukun terkenal dengan gerakan kaki yang baik disengaja ataupun tidak disengaja. Menginjak ataupun menabrak terumbu karang ini sama saja dengan membunuh biota laut dan juga ikan-ikan kecil yang hidup di sekitarnya. Oleh karena itu anda perlu berhati-hati di saat melakukan snorkling agar tidak membunuh terumbu karang dan juga menjaga kelestarian dari alam laut. 

Baca Juga :   Tips Untuk Mendapatkan Diskon Traveling Mewah

3. Memegang biota laut

Hal yang dilarang saat mengunjungi laut yang selanjutnya ialah memegang biota laut. Ikan-ikan dan juga biodata laut ini memang sangat cantik sehingga membuat siapa pun ingin sekali menyentuhnya. Terdapat banyak kasus ikan dan juga spesies lainnya ini mati dikarenakan ditangkap dan juga dimainkan oleh para wisatawan. Apabila penasaran dan ingin mengambil foto Anda tidak perlu memegang biola tersebut dan cukup Anda dekati saja dari jarak yang aman.

4. Menggunakan sunscreen

Hal yang dilarang saat Anda berwisata laut yang selanjutnya ialah menggunakan sunscreen. Bagi anda yang suka melakukan snorkling ataupun driving Anda disarankan tidak untuk menggunakan sunscreen. Dan jika terpaksa untuk melindungi kulit maka anda bisa menggunakan sunscreen yang tidak mengandung oxybenzone. Untuk skin krim ada baiknya anda untuk memastikan bahwa untuk selalu menggunakan skin cream dan juga insect repellent yang mana ini sangat aman bagi lingkungan sehingga tidak dapat merusak koral. Anda juga perlu untuk menghindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung microbeads seperti pada sabun dan sampo. 

Baca juga :

Rekomendasi Tempat Wisata di Manado

Tips Asyik dan Menyenangkan Berwisata

Itulah di beberapa hal yang dilarang di saat Anda berwisata di laut. Dengan mengetahui beberapa hal di atas ini dapat membantu anda untuk mengetahui hal-hal yang dilarang saat berwisata di laut yang dapat merusak ekosistem dari laut tersebut. Jangan lupa juga kunjungi artikel lainnya mengenai tips asyik dan menyenangkan wisata di pantai. Semoga bermanfaat!!