Bandara Unik di Dunia, Apakah Kamu Sudah Pernah Kesini?

Bandara adalah fasilitas infrastruktur yang dirancang untuk melayani kedatangan, keberangkatan, dan pergerakan pesawat udara komersial dan pribadi. Bandara memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang mendukung proses perjalanan udara, termasuk pendaratan, lepas landas, pemeriksaan keamanan, pemeriksaan imigrasi, dan kenyamanan penumpang.

10 Bandara Unik di Dunia

Fasilitas dan layanan yang biasanya ada di bandara meliputi:

1. Landasan Pacu: Area landasan di mana pesawat melakukan pendaratan dan lepas landas. Landasan pacu biasanya terbuat dari aspal atau beton yang kuat.

2. Terminal: Gedung yang berisi area pendaftaran, pengecekan bagasi, imigrasi, tempat tunggu, gerbang keberangkatan, dan fasilitas umum seperti restoran, toko, dan fasilitas kesehatan.

3. Gerbang Keberangkatan: Pintu di terminal tempat penumpang naik pesawat untuk keberangkatan.

4. Gerbang Kedatangan: Pintu di terminal tempat penumpang keluar dari pesawat setelah mendarat.

5. Pemeriksaan Keamanan: Proses pemeriksaan yang dilakukan pada penumpang dan bagasi untuk memastikan keamanan penerbangan.

6. Pemeriksaan Imigrasi: Pemeriksaan yang dilakukan pada penumpang untuk memeriksa dokumen perjalanan dan visa yang diperlukan.

7. Area Penyimpanan Bagasi: Tempat di bandara di mana bagasi penumpang disimpan sebelum dan setelah penerbangan.

8. Fasilitas Layanan Penumpang: Termasuk toilet, tempat duduk, meja informasi, area bermain anak, dan lain-lain.

9. Fasilitas Logistik: Tempat penyimpanan bahan bakar pesawat, gudang kargo, dan fasilitas dukungan lainnya.

10. Menara Kontrol: Pusat komunikasi yang mengatur pergerakan pesawat di landasan pacu dan di udara.

11. Fasilitas Pemeliharaan: Fasilitas perawatan dan perbaikan pesawat.

12. Pangkalan Penerbangan: Tempat parkir dan pengamanan pesawat saat tidak digunakan.

Bandara merupakan titik penting dalam sistem transportasi udara global dan berfungsi sebagai hub untuk penerbangan nasional dan internasional. Bandara juga memiliki peran ekonomi yang signifikan karena mendukung industri penerbangan, pariwisata, dan perdagangan.

Baca Juga :   Maaf, Tolong, dan Terimakasih

Berikut adalah beberapa bandara terunik di dunia yang memiliki fitur atau karakteristik yang menarik dan berbeda:

1. Bandara Kansai (Osaka, Jepang): Bandara Kansai terletak di atas pulau buatan di Laut Pedalaman. Ini adalah salah satu bandara terbesar di Jepang dan memiliki landasan pacu yang mengapung di atas laut.

2. Bandara Princess Juliana (Sint Maarten): Terletak di Karibia, bandara unik ini terkenal karena landasan pacunya yang dekat dengan pantai. Pesawat sering terlihat mendarat dan lepas landas dengan sangat dekat dengan pengunjung di pantai.

3. Bandara Lukla (Nepal): Bandara Lukla terletak di lereng gunung di Nepal dan sering dianggap sebagai salah satu bandara paling berbahaya di dunia. Landasan pacunya pendek dan memiliki kemiringan signifikan.

4. Bandara Ice Runway (Antarktika): Bandara unik ini dibangun di atas es di Antarktika dan hanya beroperasi selama beberapa bulan setiap tahun. Ini digunakan untuk mendukung penelitian ilmiah dan ekspedisi di wilayah tersebut.

5. Bandara Gibraltar (Gibraltar): Landasan pacu Bandara Gibraltar melintasi jalan raya utama di kota Gibraltar. Ketika pesawat lepas landas atau mendarat, lalu lintas jalan ditutup sementara.

6. Bandara Courchevel (Prancis): Terletak di pegunungan Alpen, bandara unik ini memiliki landasan pacu yang sangat pendek dan memiliki kemiringan curam. Ini digunakan terutama untuk penerbangan swasta dan ski.

7. Bandara Paro (Bhutan): Bandara unik ini terletak di lembah sempit dan dikelilingi oleh pegunungan tinggi. Mendarat di bandara ini merupakan tantangan karena kondisi cuaca yang berubah-ubah dan jarak pendek dari landasan pacu ke lereng gunung.

8. Bandara Juancho E. Yrausquin (Saba): Bandara unik ini terletak di pulau kecil di Karibia dan memiliki landasan pacu yang sangat pendek, hanya sekitar 400 meter. Ini adalah salah satu bandara paling menantang untuk dikelola.

Baca Juga :   Open AI : Pengertian dan Perkembangan Terbaru

9. Bandara Mataveri (Pulau Paskah): Bandara ini terletak di Pulau Paskah dan merupakan bandara internasional terisolasi paling jauh di dunia. Bandara ini adalah satu-satunya pintu masuk udara ke pulau tersebut.

10. Bandara Incheon (Seoul, Korea Selatan): Bandara ini dapat disebut bandara unik karena dikenal memiliki fasilitas hiburan dan rekreasi yang luas, termasuk pusat perbelanjaan, taman, museum budaya, dan terminal pelancong.

Setiap bandara unik ini juga memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda dan menarik bagi para penumpang dan pengamat.

Baca Juga : Algoritma Pengambilan Uang di Bank