Kehidupan dan Karier William Shakespeare

Daftar Isi

Banyak orang mungkin pernah mendengar drama “Romeo dan Juliet” dan “Hamlet”. Atau bahkan pernah melihat drama ini. Lantas, siapakah penulis yang menciptakan drama terkenal itu? Penulis tersebut adalah William Shakespeare dari Inggris. Orang seperti apakah beliau?

William Shakespeare

Lahir pada tanggal 26 April 1564 di Stratford-upon-Avon, sebuah kota kecil di Inggris. Ia terlibat dalam dunia teater saat dewasa. Awalnya bekerja sebagai aktor, namun secara bertahap beralih menjadi penulis naskah.

Berikut adalah sejarah singkat tentang kehidupan dan karier William Shakespeare:

  1. Kelahiran: William Shakespeare lahir pada tanggal 26 April 1564 di Stratford-upon-Avon, sebuah kota kecil di Inggris. Dia adalah anak ketiga dari John Shakespeare, seorang pedagang dan wali kota setempat, dan Mary Arden, seorang anggota keluarga yang cukup berpengaruh.
  2. Pendidikan: Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang pendidikan formalnya, Shakespeare kemungkinan menghadiri sekolah setempat di Stratford, King’s New School. Namun, sejarawan tidak memiliki catatan akademik yang lengkap tentang masa muda Shakespeare.
  3. Pindah ke London: Pada sekitar tahun 1585, Shakespeare pindah ke London, di mana ia memulai karier seninya. Dia menjadi aktor di The Lord Chamberlain’s Men, sebuah grup teater yang kemudian dikenal sebagai The King’s Men.
  4. Karya Pertama: Salah satu karya pertama yang diketahui Shakespeare adalah “Henry VI, Bagian Pertama,” yang pertama kali dipentaskan pada tahun 1590-an. Ini adalah awal dari serangkaian drama sejarah yang ia tulis.
  5. Sukses Teater: Shakespeare mencapai kesuksesan besar sebagai penulis drama dan aktor. Ia menulis sekitar 37 karya drama, termasuk beberapa yang paling terkenal dalam sejarah sastra seperti “Romeo and Juliet,” “Hamlet,” “Macbeth,” dan banyak lagi.
  6. Globe Theatre: Shakespeare menjadi salah satu pemilik Globe Theatre, sebuah teater terkenal di London yang menjadi tempat pentas banyak karya-karya terkenalnya.
  7. Karya Puisi: Selain drama, Shakespeare juga menulis puisi. Soneta-sonetanya, yang terdiri dari 154 puisi pendek, sangat terkenal dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik dalam sastra Inggris.
  8. Pensiun dan Kematian: Setelah mencapai keberhasilan besar di dunia teater, Shakespeare pensiun ke Stratford-upon-Avon pada sekitar tahun 1613. Dia meninggal pada tanggal 23 April 1616, pada usia 52 tahun.
Baca Juga :   Augmented Reality for Android (part 2)

Baca Juga : Istana Cantik Inspirasi Logo Disneyland ada dimana?

Orang Tua dan Saudara Shakespeare

William Shakespeare adalah anak ketiga dari pasangan John Shakespeare dan Mary Arden. Berikut adalah informasi tentang orangtua dan keluarga William Shakespeare:

  1. John Shakespeare: Ayah William Shakespeare, John, adalah seorang pedagang dan wali kota setempat di Stratford-upon-Avon, sebuah kota kecil di Warwickshire, Inggris. John juga terlibat dalam berbagai bisnis, termasuk sebagai pembuat sarung tangan. Ia juga terpilih sebagai wali kota (burgomaster) Stratford pada tahun 1568. Namun, keluarga Shakespeare menghadapi beberapa masalah finansial selama hidup William. John Shakespeare meninggal pada tahun 1601.
  2. Mary Arden: Ibu William Shakespeare, Mary, berasal dari keluarga yang cukup berpengaruh di daerah tersebut. Keluarga Arden memiliki tanah dan properti di daerah sekitar Stratford-upon-Avon. Mary Arden adalah putri ketiga dari Robert Arden, seorang petani kaya, dan Mary Webb. Keluarga Arden memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada keluarga Shakespeare, dan Mary Arden membawa masuk sejumlah kekayaan dalam pernikahannya dengan John Shakespeare.
  3. Saudara-saudara William Shakespeare: William Shakespeare memiliki lima saudara kandung, yaitu Joan, Margaret, Gilbert, Joan (lagi), dan Richard. Kehidupan mereka tidak tercatat dengan baik dalam sejarah, dan beberapa di antara mereka meninggal pada usia muda.

Keluarga Shakespeare adalah keluarga kelas menengah di Stratford-upon-Avon pada masa itu. Meskipun Shakespeare menjadi salah satu penulis terbesar dalam sejarah sastra, informasi tentang keluarga dan kehidupan pribadinya terbatas. Karya-karya dan warisannya dalam dunia sastra dan teater yang lebih sering menjadi fokus perhatian.

Karya-karya terkenal William Shakespeare

Karya-karya terkenal Shakespeare mencakup berbagai genre, termasuk tragedi, komedi, dan drama sejarah. Beberapa karya paling terkenalnya antara lain:

  1. Romeo and Juliet: Ini adalah salah satu tragedi paling terkenal yang pernah ditulis. Kisah cinta tragis antara Romeo dan Juliet yang berasal dari dua keluarga feuding telah menjadi ikonik dalam sastra dunia.
  2. Hamlet: Drama ini menggambarkan perjuangan karakter utama, Hamlet, dalam menghadapi dilema moral dan konflik keluarga. Monolog “To be or not to be” adalah salah satu yang paling terkenal dalam sejarah sastra.
  3. Macbeth: Tragedi ini menceritakan kisah ambisi berlebihan seorang panglima militer, Macbeth, dan dampak buruknya pada dirinya dan orang lain.
  4. Othello: Drama ini menggambarkan konflik rasial dan kecemburuan yang menghancurkan hubungan antara Othello, seorang jenderal Moor, dan istrinya, Desdemona.
  5. A Midsummer Night’s Dream: Salah satu dari beberapa komedi Shakespeare, ini adalah cerita tentang kebingungan cinta dan intervensi makhluk ajaib di malam musim panas.
Baca Juga :   Python Engineer, Profesi Menjanjikan yang Dibutuhkan Saat ini

Shakespeare juga dikenal karena soneta-sonetanya, yang mencakup 154 puisi pendek yang menggambarkan tema-tema seperti cinta, kecantikan, dan kehidupan manusia.