Daftar Tempat Kuliner Menarik di Jogja

Daftar Isi

Selain terkenal akan tempat wisata yang ciamik. Jogja sendiri juga terkenal akan wisata kulinernya. Banyak sekali tempat-tempat kuliner yang dapat dikunjungi di kota ini.

Karena ketika berwisata tentunya kita juga perlu menikmati hidangan makanan khas dari setiap sudut di kota tujuan kita dan jangan sampai ketinggalan.

Tidak sempurna jika hanya menikmati keindahan tempatnya tapi perlu juga memanjakan perut kita sembari berwisata kuliner menarik di Jogja.

Berikut adalah pilihan kuliner menarik di Jogja yang dapat anda cicipi:

Sate Pak Pong

Sate pak pong merupakan tempat kuliner yang cukup legendaris dan populer di Jogja. Letaknya berada di depan Lapangan Sultan Agung Bantul. Namun, sekarang sudah ada 2 cabang lainnya yang dapat menjadi pilihan jika di tempat utama sudah penuh. Jangan khawatir mengenai rasa, karena mau di cabang manapun rasanya tetap sama. Di tempat ini menyediakan berbagai pilihan makanan dari olahan daging kambing muda. Makanan yang menjadi menu andalannya adalah Sate Klathak. Berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Sate klathak hanya dibumbui dengan garam dan bawang kemudian disajikan dengan kuah gulai. Sehingga, menjadi menu yang khas dari tempat makan ini. Selain itu, ada menu lainnya yang patut di coba seperti tongseng, gulai, kicik, dan sebagainya. Mengenai harganya pun tidak perlu khawatir karena tetap ramah dikantong. 

Sop Pak Bayu

Sop Pak Bayu terletak di Jalan Kaliurang dekat dengan pasar Getan. Sekarang sudah ada 1 cabang lainnya yang lokasinya pun tidak jauh dari tempat utamanya.

Sama seperti tempat sebelumnya, tentunya rasanya pun tidak ada akan berbeda, tetap sama saja jadi tidak perlu khawatir. Selain itu, tempat makan ini terkenal dengan kecepatan penyajiannya. Walaupun banyak pelanggan, kita tidak perlu menunggu waktu yang lama walaupun tempat makan ini menyajikan menu dengan olahan daging. Di tempat ini, variasi makanan dan minumannya cukup bervariatif. Kita harus melakukan pemesanan di meja kasir terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor meja. Di meja kasir pun juga tersedia banyak jajanan-jajanan pasar yang dapat dipilih sebagai hidangan pembuka sebelum menyantap hidangan utama, atau bisa sebagai hidangan penutup atau disantap sembari menunggu pesanan datang. 

Baca juga : Tempat Wisata Menarik di Jogja

Baca juga : Wisata Populer di Bali

Sop Pak Bayu menyediakan hidangan oalahan tulang iga sapi yang disebut iga dinosaurus serta sumsum tulang dinosaurus dari sapi. Menu ini yang cukup menjadikan tempat makan ini menjadi destinasi para pencinta kuliner. Tapi jangan khawatir, masih ada juga pilihan menu lainnya seperti sate daging, sup iga bahkan minuman minuman segar lainnya seperti es kelapa muda.

Baca Juga :   Wajib Tahu! Ini Dia 3 Jenis Paspor Indonesia

Angkringan dan Kopi Joss

Jogja identik dengan angkringannya. Jadi, belum sah kalau belum mencoba makan di angkringan Jogja. Angkringan ini sebetulnya dapat dijumpai di sudut manapun di Jogja. Namun, biasanya turis sering mendatangi di sekitaran tugu jogja atau jalan malioboro karena letaknya di pusat kota dan tempat wisata. Angkringan menyediakan berbagai pilihan menu makanan. Menu khasnya adalah Nasi Kucing. Kenapa disebut nasi kucing karena memang porsinya yang cukup kecil dengan diberikan sambal teri dan sambal tempe. Namun, jangan khawatir kalau kita tidak akan kenyang. Karena masih banyak pilihan makanan lainnya yang dapat dijadikan makanan pendamping nasi kucing, seperti gorengan tahu tempe, sate telur, sate usus, dan lain sebagainya. 

Selain itu, pilihan minumannya pun juga dapat dinikmati, seperti kopi joss ini. Kopi joss ini adalah kopi hitam panas yang di atasnya diberikan arang panas yang saat dimasukkan akan berbunyi “josss” sehingga menjadikannya minuman khas yang juga wajib di coba. Bahkan es teh dari angkringan di Jogja juga cukup khas karena teh yang dipakai pun sedikit berbeda sehingga menjadikannya kombinasi yang menarik untuk dicoba saat mengunjungi Jogja.

Mangut Lele Mbah Yanto

Tempat makan ini berlokasi di Bantul. Lokasinya memang sedikit masuk di gang perkampungan. Karena memang konsep dari tempat makan ini adalah hommy atau layaknya makan di rumah. Jadi, nanti kita akan mengambil makanan kita sendiri dan makan layaknya di rumah sendiri. Mangut lele sendiri merupakan hidangan olahan dari lele dengan rasa pedas manis. Nantinya ada makanan pendamping lainnya yang dapat dinikmati seperti sayur jawa, telur, gorengan tahu tempe, dan sebagainya.

Baca Juga :   12 Bangunan Unik di Paris

Tengkleng Hoohah dan Tengkleng Gajahan

Tengkleng Hoohah ini berlokasi di jalan wonosari sebelum arena permainan anak Kids Fun. Tentunya sesuai dengan namanya tempat makan ini menyediakan berbagai macam olahan daging kambing. Menu khasnya adalah tengkleng daging kambing dengan porsi yang lumayan besar namun dari segi harganya sesuai dengan kantong. Ada berbagai variasi lainnya karena banyak sekali pilihan menu makanannya seperti gulai, sate kecap, sate klathak, kicik, dan sebagainya. 

Baca juga : Tips Jajan Kuliner Saat Wisata

Sementara Tengkleng Gajahan berlokasi di jalan kaliurang. Tidak jauh berbeda dengan Tengkleng Hoohah, menunya pun juga seperti gulai dan sate namun variasinya tidak sebanyak di tengkleng hoohah. Masalah rasa tentunya sama karena keduanya memiliki cita rasa yang akan membuat kita untuk kembali lagi menyantap makanan tersebut.

Selamat berkuliner di Jogja!