Hal yang Perlu di Pahami Saat Akan Melamar Pekerjaan

Daftar Isi

Ketika ekonomi perlahan pulih, semakin banyak perusahaan mulai mempekerjakan lagi. Jika Anda sedang mencari pekerjaan baru, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menonjolkan diri dari persaingan. Sebelum mengikuti proses seleksi, ada baiknya anda mempelajari dengan cermat apa saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Hal ini akan mempermudah anda dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan dan mengoptimalkan kesempatan anda untuk diterima bekerja. 

Berikut ini yang perlu anda pahami :

  1. Siapkan curriculum vitae (CV) pastikan itu menyoroti keterampilan, pengalaman anda dan mudah dibaca.
  2. Hubungi teman, keluarga, dan mantan kolega Anda, dan beri tahu mereka bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru. Mereka mungkin dapat membantu Anda menemukan pekerjaan atau menghubungkan Anda dengan seseorang yang bisa.
  3. Periksa lowongan pekerjaan secara online. Ada sejumlah situs web yang mencantumkan posisi terbuka, dan banyak di antaranya gratis untuk digunakan.

Akhirnya, bersiaplah untuk wawancara Anda. teliti perusahaan, berlatih menjawab pertanyaan wawancara umum, dan berpakaian untuk sukses. Dengan kiat-kiat ini, Anda pasti akan menonjol dari yang lain dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Setiap orang membutuhkan pekerjaan dan dengan keadaan ekonomi yang demikian, mencari pekerjaan menjadi semakin sulit. Jika anda cukup beruntung untuk menemukan lowongan pekerjaan, anda mungkin bertanya-tanya apa cara terbaik untuk melamar. Haruskah anda mengirimkan curriculum vitae (CV) dan surat lamaran anda? Bagaimana jika anda tidak memiliki curriculum vitae (CV) atau kurang menarik dilihat ?

Kenapa seseorang ditolak saat melamar pekerjaan? 

Dalam beberapa kasus, anda sudah mengirim surat lamaran pekerjaan curriculum vitae dan anda masih di tolak. Berikut adalah tiga alasan mengapa:

1. Anda tidak memenuhi syarat

Jika Anda tidak memiliki kualifikasi yang tercantum dalam lowongan pekerjaan, lebih baik Anda tidak mengirimkan curriculum vitae (CV). Melamar pekerjaan yang anda tidak memenuhi syarat hanya akan menyebabkan kekecewaan.

Baca Juga :   Avanza Perubahan Lebih Besar Modern dan Menarik di All New Toyota Avanza

2. Format penulisan lamaran pekerjaan yang salah

Kebanyakan surat lamaran pencari kerja gagal menggaet perhatian rekruter. Maksudnya, mereka tidak berhasil meninggalkan kesan yang baik di mata perusahaan. Padahal, fungsi utama surat lamaran kerja adalah sebagai sarana pelamar untuk merenggut hati rekruter perusahaan.

3. Curriculum Vitae (CV) anda kurang menonjol

Jika curriculum vitae (CV) Anda terlihat seperti orang lain, itu tidak akan menonjol dan anda mungkin akan diabaikan. Luangkan waktu Menyesuaikan resume Anda agar menonjol dari yang lain.

Baca juga : Pentingnya Bahasa Inggris Setelah Lulus Kuliah

Saat melamar pekerjaan, penting untuk menyertakan pengalaman dan kualifikasi anda. Perusahaan menginginkan staf yang berkomitmen pada pekerjaan mereka dan akan bekerja keras tanpa masalah. Juga bermanfaat untuk menyertakan informasi tentang pendidikan, pelatihan, dan kualifikasi anda saat melamar promosi atau posisi yang lebih tinggi di dalam perusahaan. Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup atau sering disebut juga resume anda harus mudah dibaca dan mudah dipahami oleh pemberi kerja yang membacanya.

Perlu diingat bahwa pemberi kerja dapat menghubungi anda dengan pertanyaan tentang kualifikasi setelah meninjau Curriculum vitae (CV)  anda. Anda harus menyertakan semua informasi yang relevan saat menjelaskan kualifikasi anda sehingga pemberi kerja memahami sepenuhnya.

Perhatikan Syarat Mendaftar Pekerjaan! 

Tidak semua perusahaan memiliki persyaratan yang sama, namun ada beberapa hal umum yang selalu ditanyakan pada calon karyawan. Sebelum mengikuti proses seleksi, ada baiknya anda mempelajari dengan cermat apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan mempermudah anda dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan dan mengoptimalkan kesempatan anda untuk diterima bekerja.

Dokumen yang biasanya diminta oleh perusahaan pada saat melamar kerja meliputi:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Surat lamaran
  3. Ijazah dan transkip nilai
  4. Sertifikat dan kursus-kursus yang pernah anda ikuti
  5. Pas photo terbaru
  6. Kartu tanda penduduk (KTP)
  7. Kartu keluarga (KK)
  8. Surat keterangan catatan kepolisian (KK)
Baca Juga :   Kerjasama Antara Indonesia dan Jerman di Bidang Pendidikan dan Tenaga Kerja Terampil

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing dokumen tersebut:

Daftar Riwayat Hidup (CV)

CV adalah dokumen yang berisi biodata diri Anda secara singkat dan padat. CV biasanya dibuat dengan mengutip data dari transkrip nilai, ijazah, dan sertifikat yang telah Anda miliki. Pada umumnya, CV ditujukan untuk memperkenalkan diri Anda sebagai calon karyawan yang memenuhi syarat.

Surat Lamaran

Surat lamaran adalah surat pengantar yang berisi permohonan Anda untuk diterima bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Surat lamaran harus ditulis dengan bahasa yang baik dan sopan, dan isinya harus sesuai dengan dokumen yang telah Anda siapkan.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan transkrip nilai merupakan dokumen yang menunjukkan bahwa Anda telah lulus dari sekolah yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan. Anda harus memastikan bahwa informasi yang tertera di dalamnya sesuai dengan data yang Anda miliki. Jika anda lulus dari perguruan tinggi maka perlu juga diperhatikan untuk akreditasi dari program studinya.

Baca juga : Format Penulisan Lamaran Pekerjaan Yang Benar

Sertifikat dan Kursus yang Telah Anda Ikuti

Sertifikat dan kursus-kursus yang telah Anda ikuti merupakan bukti bahwa Anda telah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus yang relevan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Anda harus menyertakan semua sertifikat dan kursus yang telah Anda ikuti, baik yang telah selesai ataupun yang masih akan selesai.

Pas Photo Terbaru

Pas photo terbaru merupakan foto yang diambil dalam posisi close up dan menampilkan wajah Anda secara utuh. Foto ini akan digunakan

Daftar Lowongan Pekerjaan yang Biasanya Banyak Dicari

Pada saat ini, terdapat beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai instansi, Karena kami akan memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini Lowongan pekerjaan tersebut meliputi:

Baca Juga :   Hal Penting Saat Akan Membeli Rumah Dengan Cara KPR

1. Lowongan Pekerjaan di Bank

Bank membutuhkan karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Pada saat ini, bank membutuhkan karyawan untuk posisi:

  • Teller
  • Customer Service
  • Account Officer
  • Sales Officer
  • Analis Kredit
  • Staff Back Office
  • Petugas Kebersihan

2. Lowongan Pekerjaan di Perusahaan Swasta

Perusahaan swasta membutuhkan karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Pada saat ini, perusahaan swasta membutuhkan karyawan untuk posisi:

  • Buruh Pabrik
  • Customer Service
  • Administrasi
  • HRD
  • Pemasaran
  • Klining Service
  • Sales Officer

3. Lowongan Pekerjaan di Perusahaan BUMN

Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) membutuhkan karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Pada saat ini, perusahaan BUMN membutuhkan karyawan untuk posisi:

  • Administrasi
  • Keuangan
  • HRD
  • Staff
  • Front Office
  • Petugas Kebersihan

4. Lowongan Pekerjaan di Pemerintahan

Pemerintahan membutuhkan karyawan untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Pada saat ini, pemerintahan membutuhkan karyawan untuk posisi:

  • Guru
  • Dosen
  • Tenaga Kesehatan
  • Staff Administrasi
  • Satpam
  • Petugas Kebersihan

Selain itu, masih ada beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai instansi. Jika anda tertarik untuk melamar salah satu lowongan pekerjaan tersebut, sebaiknya anda memperhatikan persyaratan yang ditentukan dan jangan lupa persiapkan dengan baik diri anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai lowongan pekerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.