Mengenal Lebih Dekat dengan Big Data

Daftar Isi

Seperti pada pembahasan sebelumnya mengenai adanya Machine Learning dan Artificial Intelligence serta munculnya Internet of Things (IoT) pada era revolusi Industri 4.0, maka menghasilkan lebih banyak data karena lebih banyak objek dan perangkat terhubung ke internet. Setiap harinya data senantiasa bertumbuh baik perangkat mobile, internet dan penggunaan sosial media dan sebagainya. Selain itu, produsen pun melakukan pengumpulan data tentang pola penggunaan pelanggan dan kinerja produk. Hal ini juga mempengaruhi ketersediaan  sumber  data  baru  dan munculnya  peluang  analitis  yang  lebih  kompleks  telah  menciptakan kebutuhan untuk memikirkan kembali arsitektur data yang ada untuk memungkinkan analisis yang dapat dengan optimal memanfaatkan Big Data sehingga perlu untuk Analisis yang canggih.

Baca juga : Pengertian Big Data

Kenapa Big Data ini diperlukan?

Big Data membantu organisasi atau perusahaan menggunakan sejumlah besar data yang dihasilkan dan dikumpulkannya dari berbagai sumber. Big Data memungkinkan perusahaan menghasilkan wawasan yang lebih akurat. Ini memberi mereka kemampuan untuk menggunakan data yang relevan dari berbagai sumber untuk menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Dengan akurasi yang lebih baik, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih menguntungkan dan mengurangi risiko. Platform media sosial menghasilkan banyak sekali data. Perusahaan juga menggunakan Big Data untuk memanfaatkan data yang dimiliki platform media sosial untuk membuat kampanye promosi yang lebih baik. Ini memungkinkan mereka untuk membuat profil pelanggan yang tepat, menemukan audiens target mereka, dan memahami kebutuhan mereka. Tools Big Data memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis prediktif. Ini memungkinkan mereka untuk memprediksi hasil dari proses dan peristiwa tertentu secara lebih akurat, membantu mereka mengurangi risiko. Aplikasi lain yang menonjol dari Big Data adalah dalam sistem rekomendasi. Perusahaan menggunakan data besar untuk mengidentifikasi pola perilaku pelanggan mereka untuk menawarkan layanan yang lebih baik dan lebih personal.

Baca Juga :   Ide Judul Skripsi: Analisis Deteksi Kesehatan Mental dengan Algoritma Machine Learning Terbaik

Selain itu mengapa Big Data menjadi begitu populer?

Popularitas Big Data baru-baru ini sebagian besar disebabkan oleh kemajuan baru dalam teknologi dan infrastruktur yang memungkinkan pemrosesan, penyimpanan, dan analisis begitu banyak data. Kekuatan komputasi telah meningkat pesat dalam lima tahun terakhir sementara pada saat yang sama turun harga — membuatnya lebih mudah diakses oleh perusahaan kecil dan menengah. Dalam nada yang sama, infrastruktur dan alat untuk analisis data skala besar menjadi lebih kuat, lebih murah, dan lebih mudah digunakan.

Teknologi Big Data sangat bermanfaat bagi bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan mengembangkan layanan berbasis data baru. Ada beberapa kegunaan Big Data. Misalnya, dalam menganalisis sekumpulan data yang berisi laporan cuaca untuk memprediksi cuaca minggu depan. Sehingga, Big Data ini meliputi pada bidang Kesehatan, Detect Frauds, Social Media Analysis, Weather, Public sector, etc.

Kontribusi Big Data dalam Perawatan Kesehatan

Kontribusi Big Data dalam domain Healthcare telah berkembang pesat. Dengan kemajuan medis ada kebutuhan untuk menyimpan sejumlah besar data pasien. Big data digunakan secara luas untuk menyimpan riwayat kesehatan pasien. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis kondisi kesehatan pasien dan untuk mencegah kegagalan kesehatan di masa depan. Dalam dua contoh visualisasi Big data yang menarik ini, kita dapat melihat langsung kekuatan Big data:

Google terkenal menunjukkan bahwa mereka dapat memprediksi wabah flu berdasarkan kapan dan di mana orang mencari istilah terkait flu.

Ketika Anda menderita sakit tenggorokan, apakah Anda juga akhirnya terkena infeksi telinga? GE memiliki jawaban atau setidaknya upaya untuk menjawab beberapa pertanyaan ini. Infoscope Kesehatan adalah kompilasi dari 72 juta catatan elektronik dan menunjukkan hubungan antara satu penyakit dengan penyakit lainnya. Ini juga menunjukkan kekuatan hubungan dan kemungkinan tertular satu penyakit karena yang lain.

Baca Juga :   8 Isu Terkini Cybersecurity di Indonesia

Fraud Detection

Deteksi dan pencegahan penipuan adalah salah satu dari banyak penggunaan Big Data saat ini. Perusahaan kartu kredit menghadapi banyak penipuan dan teknologi data besar digunakan untuk mendeteksi dan mencegahnya. Perusahaan kartu kredit sebelumnya akan melacak semua transaksi dan jika ada transaksi mencurigakan yang ditemukan, mereka akan menelepon pembeli dan mengonfirmasi apakah transaksi itu dilakukan. Tapi sekarang pola pembelian diamati dan area yang terkena penipuan dianalisis menggunakan analitik Big Data. Hal ini sangat berguna dalam mencegah dan mendeteksi penipuan.

Social Media Analysis

Kasus penggunaan terbaik dari data besar adalah data yang terus mengalir di jaringan media sosial seperti, Facebook, Twitter, dll. Data dikumpulkan dan diamati dalam bentuk komentar, gambar, status sosial, dll. Perusahaan menggunakan teknik data besar untuk memahami kebutuhan pelanggan dan memeriksa apa yang mereka katakan di media sosial. Ini membantu perusahaan untuk menganalisis dan menghasilkan strategi yang akan bermanfaat bagi pertumbuhan perusahaan.

Karakteristik Big Data

Weather

Teknologi Big Data digunakan untuk memprediksi ramalan cuaca. Sejumlah besar data diberi makan tentang iklim dan rata-rata diambil untuk memprediksi cuaca Ini dapat berguna untuk memprediksi bencana alam seperti banjir, dll.

Public Sector

Big Data digunakan di banyak sektor pemerintahan maupun publik. Big data menyediakan banyak fasilitas seperti power investigation, economic promotion, dll. Big Data digunakan dalam banyak kasus lain seperti sektor Pendidikan, layanan Asuransi, Transportasi. Intelijen Keamanan, dll. Big data telah menjadi bagian penting untuk analisis dan diperlukan untuk memahami pertumbuhan bisnis dan membangun strategi untuk membantunya tumbuh lebih jauh.

Baca juga : Penerapan Artificial Intelligence

Semoga bermanfaat!!