Komponen dalam CPU

Central Processing Unit atau yang disingkat dan lebih dikenal menjadi CPU merupakan bagian terpenting pada komputer. CPU sendiri memiliki beberapa komponen dalam CPU yang berada didalamnya agar membantu memaksimalkan kinerja pada perangkat komputer. CPU sendiri merupakan perangkat keras yang menjadi pusat utama kendali pada komputer sehingga berjalan dengan semestinya. Berikut adalah komponen-komponen utama yang menjadi bagian dari CPU.

Berikut ini komponen dalam CPU

Baca Juga : Proses Booting pada Windows

Baca Juga : Peluang Bisnis 2023

Motherboard

Mainboard atau motherboard adalah perangkat utama komputer yang berfungsi sebagai board (papan) untuk memasang perangkat komputer lainnya, seperti processor, kabel data hard disk, floppy disk, VGA card, sound card, LAN card dan RAM. Ada kalanya, di dalam matherboard dipaket dengan beberapa perangkat lainnya (on-board) seperti VGA,LAN dan sound card. Apabila kurang puas dengan perangkat baan tersebut, juga bisa ditambahkan atau memasang perangkat tambahan pasa slot yang disediakan.

Processor

Jika dianalogikan, processor sama seperti “Otak” pada manusia. Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen dalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstalkan di dalam komputer. Suatu kecepatan eksekusi processor dinyatakan dalam herzt(Hz).

Komponen Pendukung Processor

  1. Heat sink berfungsi sebagai peredam panas yang dihasilkan oleh processor
  2. Kipas Processor berfungsi sebagai pendingin processor dan heat sink.

Hard Disk

Hard disk adalah media penyimpanan data, termasuk sistem operasi. Ada 2 jenis hard disk yaitu STA dan ATA. Kedua jenis hard disk ini dapat dibedakan dari kabelnya.

RAM (Random Access Memory)

RAM atau sering disebut memory saja merupakan komponen penyimpanan data atau perintah sementara sebelum diproses lebih lanjut oleh processor.

VGA (Video Graphics Arrange)

VGA adalah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa sistem ke dalam bahasa gambar, kemudian informasi tersebut ditampilkan oleh monitor. Semakin besar kapasitas dan kecepatan VGA akan menghasilkan tampilan yang berkualitas pada layaran monitor.

Baca Juga :   Membagi 2 Tumpukan Sama Besar

DVD/CR-ROM & DVD/CD-RW Drive

Perangkat DVD( Digital Video Disc) atau CR-ROM (Compact Disk dan DVD/CD-RW (Rewritable ) berfungsi untuk membaca atau menulis data pada keping disk.

Floppy Disk Drive

Berfungsi untuk membaca atau menulis pada floppy disk. Namun, beberapa CPU yang terbaru sudah tidak memiliki lagi slot bagian ini.

Sound Card

Sound card berfungsi sebagai pemutaran suara. Tanpa ada perangkat itu, mustahil anda bisa mendengarkan lagu favorite anda. Saat ini kebanyakan sound card sudah terintegrasi (on-board) pada motherboard. Jika anda kurang puas dengan suara yang dihasilkan oleh bawaan, anda bisa mengganti atau menambah sound card.

LAN Card

LAN card atau sering disebut juga NIC (Network Interface Card) atau Ethernet Card dan Kartu Jaringan merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kedalam jaringan menggunakan kabel UTP RJ-45.

MODEM

Modem adalah kartu tambahan yang terpasang pada motherboard yang berfungsi menguhubungkan komputer ke internet dengan cara dial-up menggunakan kabel telepon.

Cooling Fan

Cooling fan atau kipas pendingin berfungsi memperlancar sirkulasi udara di dalam casing komputer.

Power Supply dan Casing

Power supply berfungsi sebagai sumber listrik yang dialirkan ke seluruh komponen CPU.

Casing adalah tempat yang digunakan untuk memasang seluruh komponen CPU seperti motherboard, power supply, hard disk, dan DVD/CD-ROM/RW drive.

Port I/O Device

Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output (Masukan atau Keluaran) pada komputer, seperti pada keyboard, mouse paralel atau serial ataupun USB. Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, usb, vga, printer dan scanner.

Semoga bermanfaat!