iOS 18 : Apakah iPhone Jadi Makin Mirip Android?

Daftar Isi

merlindawibowo.com – iOS 18 adalah versi terbaru dari sistem operasi untuk perangkat iPhone yang dikembangkan oleh Apple. Dirilis sebagai penerus iOS 17, iOS 18 membawa sejumlah fitur baru, peningkatan performa, dan pembaruan keamanan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kelebihan

  1. Peningkatan Privasi: terus meningkatkan fitur privasi dengan kontrol yang lebih baik terhadap data pengguna dan aplikasi.
  2. Integrasi Lebih Baik dengan Ekosistem Apple: Fitur-fitur baru yang memperkuat integrasi dengan perangkat Apple lainnya, seperti Mac, iPad, Apple Watch, dan Apple TV.
  3. Peningkatan Performa: Optimisasi sistem untuk kinerja yang lebih cepat dan responsif, terutama pada perangkat yang lebih tua.
  4. Fitur AI yang Ditingkatkan: Peningkatan pada fitur berbasis AI seperti Siri, pengenalan gambar, dan pembelajaran mesin yang lebih baik.
  5. Widget dan Personalisasi Layar Utama: Lebih banyak opsi untuk widget dan kustomisasi layar utama, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mereka lebih dalam.

Kekurangan

  1. Kompatibilitas Perangkat: Tidak semua perangkat yang mendukung iOS 17 akan bisa diperbarui ke iOS 18, yang bisa menjadi masalah bagi pengguna perangkat yang lebih lama.
  2. Bug dan Masalah Awal: Seperti halnya setiap pembaruan besar, versi awal iOS 18 mungkin memiliki bug atau masalah yang perlu diperbaiki dengan pembaruan selanjutnya.
  3. Adaptasi Pengguna: Perubahan antarmuka dan fitur baru mungkin memerlukan waktu bagi pengguna untuk beradaptasi, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan perubahan signifikan.

Kenapa Jadi Mirip Android?

  1. Kustomisasi yang Lebih Baik: Apple semakin membuka opsi kustomisasi pada iOS 18, seperti penempatan widget, layar utama yang lebih fleksibel, dan opsi tema, yang sebelumnya menjadi salah satu keunggulan Android.
  2. Fitur yang Dipinjam dari Android: Beberapa fitur baru mungkin terinspirasi oleh Android, seperti pengaturan notifikasi yang lebih canggih, multi-tasking yang lebih baik, dan penambahan mode hemat daya yang lebih pintar.
  3. Permintaan Pengguna: Banyak pengguna iPhone menginginkan fitur-fitur tertentu yang telah lama ada di Android. Apple merespons permintaan ini dengan mengintegrasikan fitur-fitur tersebut ke dalam iOS.
  4. Kompetisi Pasar: Untuk tetap kompetitif, Apple perlu menyamakan beberapa aspek dengan Android, sambil tetap mempertahankan keunggulan unik mereka.
Baca Juga :   Ide Judul Skripsi: Analisis Deteksi Kesehatan Mental dengan Algoritma Machine Learning Terbaik

Contoh Fitur Mirip Android di iOS 18

  1. Widget yang Interaktif: Kemampuan untuk menempatkan widget di mana saja di layar utama, yang merupakan fitur Android sejak lama.
  2. App Drawer: Seperti laci aplikasi di Android, mungkin menyediakan cara baru untuk mengatur dan mengakses aplikasi.
  3. Mode Penghematan Baterai: Peningkatan pada mode hemat baterai yang lebih canggih dan otomatis, mirip dengan fitur yang ada di Android.

Dengan mengadopsi beberapa fitur yang telah lama ada di Android, iOS 18 mencoba untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya dan fleksibel bagi penggunanya, sementara tetap mempertahankan identitas dan keunggulan khas dari ekosistem Apple.

Apple biasanya mengumumkan dan merilis versi terbaru dari iOS selama acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan setiap bulan Juni. Berdasarkan pola peluncuran sebelumnya, berikut adalah timeline yang bisa diharapkan :

Timeline Perilisan iOS 18

  1. Pengumuman di WWDC 2024: iOS 18 kemungkinan besar akan diumumkan pada acara WWDC 2024, yang biasanya diadakan pada awal Juni.
  2. Beta untuk Pengembang: Setelah pengumuman di WWDC, Apple biasanya merilis versi beta pertama iOS 18 untuk pengembang. Ini memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka dengan versi baru dan memberikan umpan balik kepada Apple.
  3. Beta Publik: Beberapa minggu setelah beta pengembang, Apple kemungkinan akan merilis beta publik, memungkinkan pengguna umum untuk mencoba versi baru dan memberikan umpan balik.
  4. Rilis Resmi: Versi final biasanya dirilis kepada publik pada September, bertepatan dengan peluncuran iPhone baru. Ini berarti pengguna dapat mengharapkan iOS 18 tersedia untuk diunduh dan diinstal pada perangkat mereka sekitar bulan September 2024.

Contoh Timeline Berdasarkan Tahun Sebelumnya

  • WWDC 2023: Diumumkan iOS 17 pada awal Juni 2023.
  • Beta Pengembang: Dirilis segera setelah pengumuman.
  • Beta Publik: Dirilis pada akhir Juni atau awal Juli 2023.
  • Rilis Resmi: Dirilis pada September 2023, bersama dengan peluncuran iPhone 15.
Baca Juga :   Location Based Services

Dengan mengikuti pola peluncuran sebelumnya, emungkinan besar akan diumumkan pada Juni 2024 di WWDC, dengan versi beta pengembang yang dirilis segera setelahnya, diikuti oleh beta publik beberapa minggu kemudian, dan rilis resmi pada September 2024.