PPDB Jogja 2024 : Jadwal dan Cara Daftarnya

merlindawibowo.com – Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024 di Indonesia bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan dan daerah masing-masing. Biasanya, proses dilakukan pada pertengahan hingga akhir tahun ajaran sebelumnya, sekitar bulan Mei hingga Juli.

Langkah-Langkah untuk Mengetahui Jadwal PPDB 2024

Cek Situs Resmi Dinas Pendidikan

    • Provinsi dan Kabupaten/Kota: Setiap provinsi dan kabupaten/kota memiliki dinas pendidikan yang mengatur hal ini. Informasi resmi mengenai jadwal biasanya diumumkan di situs web dinas pendidikan setempat.

    Sosialisasi Sekolah

      • Pengumuman di Sekolah: Sekolah-sekolah biasanya mengumumkan jadwal melalui media informasi mereka, baik secara langsung kepada siswa yang akan lulus maupun melalui website sekolah.

      Portal PPDB Online

        • Portal Resmi: Beberapa daerah memiliki portal online khusus yang mengelola seluruh proses pendaftaran. Portal ini akan memberikan informasi lengkap mengenai jadwal, persyaratan, dan prosedur pendaftaran.

        Media Sosial dan Informasi Publik

          • Media Sosial: Dinas pendidikan dan sekolah sering kali menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi penting mengenai hal ini.
          • Pengumuman Publik: Informasi juga bisa disebarkan melalui media cetak atau elektronik seperti koran, radio, dan televisi.
          ppdb jogja 2024

          Penerimaan Peserta Didik Baru 2024 di Yogyakarta telah dimulai dengan beberapa tahap penting yang harus diikuti oleh calon peserta didik. Berikut adalah jadwal dan tahapan penting untuk PPDB di Yogyakarta:

          1. Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD): Proses ini dimulai dengan pendaftaran yang berlangsung dari 15-24 Mei 2024, sementara pelaksanaan ASPD dilakukan pada 30 dan 31 Mei 2024.
          2. Input Data dan Pengecekan NIK: Calon peserta didik lulusan luar DIY dan lulusan dalam DIY sebelum tahun 2024 harus menginput data secara online di laman ppdb.jogjaprov.go.id mulai 20 Mei hingga 6 Juni 2024. Seluruh calon peserta didik juga wajib melakukan pengecekan NIK pada laman yang sama mulai 22 Mei hingga 6 Juni 2024.
          3. Verifikasi Dokumen: Bagi calon peserta didik yang memerlukan surat rekomendasi (misalnya melalui jalur afirmasi atau perpindahan tugas orangtua), verifikasi dokumen dilakukan pada 3-6 Juni 2024
          4. Pendataan Radius Tempat Tinggal: Dilakukan secara daring di laman ppdb.jogjaprov.go.id pada 3-6 Juni 2024, dengan batas waktu hingga pukul 15.00 pada 6 Juni 2024.
          5. Pengajuan Akun dan Aktivasi PIN/Token: Proses ini dimulai pada 13-21 Juni 2024, dengan batas waktu hingga pukul 12.00 WIB pada 21 Juni 2024.
          6. Pendaftaran dan Seleksi: Pendaftaran dan seleksi melalui jalur zonasi radius, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan tugas orangtua dimulai dari 24 Juni 2024 dan ditutup pada 25 Juni 2024.
          Baca Juga :   Memilih Algoritma Machine Learning dan Tools yang Tepat

          Informasi lebih lanjut dan detail mengenai proses PPDB di Yogyakarta dapat diakses melalui situs resmi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta di laman pendidikan.jogjakota.go.id atau laman PPDB resmi Yogyakarta di ppdb.jogjaprov.go.id.

          Jadwal PPDB 2024 biasanya diumumkan pada awal tahun, dan proses pendaftaran serta seleksi berlangsung antara Mei hingga Juli. Untuk informasi yang lebih akurat dan terkini, sangat disarankan untuk memantau pengumuman dari dinas pendidikan setempat, situs resmi sekolah, dan portal PPDB online. Ini akan memastikan Anda mendapatkan informasi yang tepat dan tidak ketinggalan tahapan penting dalam proses penerimaan siswa baru.