7 Misteri dan Rahasia Mona Lisa Mahakarya Leonardo da Vinci

Daftar Isi

merlindawibowo.comMona Lisa telah memesona banyak orang sebagai representasi karya seni yang dilukis oleh Leonardo da Vinci, seorang jenius yang hidup pada masa Renaisans Italia. Sebagai lukisan paling terkenal di dunia, banyak orang mengunjungi Museum Louvre, tempat lukisan tersebut saat ini dipajang, untuk melihatnya.
Namun, Mona Lisa telah membingungkan kritikus seni dan sejarawan selama berabad-abad, sejak selesai dibangun. Hal ini karena terdapat banyak misteri seputar Mona Lisa, dan terdapat lebih banyak rahasia dan spekulasi daripada yang terlihat.

Misteri/Rahasia Mona Lisa 1: Identitas Mona Lisa yang Sebenarnya

Mona Lisa yang dilukis oleh Leonardo da Vinci menggambarkan tubuh bagian atas seorang wanita, namun masih menjadi misteri siapa sebenarnya orang dalam potret tersebut. Salah satu teorinya adalah bahwa dia adalah Lisa Maria de Gherardini, seorang istri bangsawan Italia yang lahir di Florence pada tahun 1479, dan teori ini saat ini menjadi arus utama. Dia dikatakan berusia 24 tahun pada saat itu dan juga dikenal sebagai “Liza del Giocondo”. Alasan da Vinci melukisnya adalah karena diminta oleh suaminya, Francesco del Giocondo. Gherardini menjalani kehidupan kelas menengah bersama suaminya sebagai pedagang sutra dan kain, dan memiliki lima anak: Piero, Andrea, Camila, Giocondo, dan Marietta.

Di sisi lain, ada beberapa teori lain, seperti: Caterina Sforza adalah seorang bangsawan feodal wanita yang dikenal sebagai wanita terkemuka di Italia Renaisans. Selir Giuliano de’ Medici, yang memerintah Florence, Isabella d’Este.

Ilustrasi Vektor Mona Lisa

Ada pendapat bahwa memang demikian. Selain itu, ada teori bahwa identitas asli Mona Lisa mungkin adalah ibu Da Vinci atau Da Vinci sendiri, karena kesamaan struktur wajah mereka.

Misteri/Rahasia Mona Lisa 2: Potret yang Tersembunyi di Balik

Pada tahun 2004, peneliti Kanada menggunakan analisis inframerah untuk mengkonfirmasi sketsa da Vinci yang menjadi dasar karya tersebut. Hasilnya, ditemukan beberapa perubahan yang dilakukan selama proses penyelesaian pekerjaan, seperti posisi jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri. Selain itu, penemuan-penemuan baru juga diperoleh dari sketsa ini, seperti desain gaun Mona Lisa dan karpet pangkuan yang menutupi lutut hingga ke perutnya.

Baca Juga :   Prinsip Perancangan Class Pada Object-Oriented Programming dengan Java Beserta Contoh Penerapannya

Selanjutnya, pada tahun 2007, insinyur Perancis Pascal Cot menggunakan kamera resolusi ultra tinggi untuk menyelidiki Mona Lisa, dan menemukan bahwa Mona Lisa awalnya memiliki jejak bulu mata dan alis yang berbeda. Pada tahun 2015, Pascal Cotto mengumumkan bahwa , setelah melakukan analisis menggunakan teknologi optik, ia menemukan ada wajah wanita lain di bawah Mona Lisa. Penemuan-penemuan ini menjadi rahasia Mona Lisa, membuatnya semakin misterius.

Misteri/rahasia Mona Lisa 3: Senyuman Mona Lisa

Senyuman Mona Lisa yang misterius dan misterius dikatakan sulit dipahami, menjadikannya fitur lukisan yang paling misterius dan dikelilingi oleh banyak misteri. Selama lima abad, diperdebatkan apakah ekspresi wajah ini melambangkan senyuman, kebahagiaan, atau kesedihan. Profesor Margaret Livingstone dari Universitas Harvard percaya bahwa frekuensi spasial yang rendah (sifat struktur yang memiliki periode spasial, dan dikatakan bahwa penampakannya berbeda-beda bergantung pada frekuensi ini) adalah alasan.

Pada tahun 2005, ketika seorang peneliti Belanda mengembangkan program komputer yang mengenali emosi, analisis terhadap Mona Lisa dilakukan. Dihitung masing-masing. Namun di sisi lain, banyak orang yang menjelaskan bahwa kesan senyuman berubah-ubah tergantung di mana mereka fokus pada lukisan tersebut, serta dari sudut dan jarak apa mereka melihatnya. Saat Anda menyentuh karya tersebut dari jarak dekat, penggambaran detailnya memberikan kesan "ekspresi sederhana". Jika dilihat dari kejauhan memberikan kesan “senyum ceria.”

Misteri/Rahasia Mona Lisa 4: Tatapan Misterius yang Tak Terselesaikan

Garis pandang Mona Lisa seolah melampaui kanvas menuju ruang angkasa, dan pada saat yang sama, ia juga seolah mengarahkan pandangannya ke setiap pemirsa. Ke mana pun Anda bergerak, mata Anda akan terus menatap tatapan Mona Lisa. Fenomena ini dikatakan sangat misterius. Hal ini karena fenomena serupa dapat terjadi di dunia tiga dimensi ketika cahaya dan bayangan bergerak dengan posisinya masing-masing, namun karena bidang dua dimensi berbeda dengan bidang tiga dimensi, maka fenomena serupa biasanya terjadi. Karena kecil kemungkinannya terjadi. Nah, kenapa fenomena ini terjadi di Mona Lisa. Dengan terampil menyesuaikan kombinasi terang dan gelap pada kanvas, kesan kedalaman yang sangat realistis tercipta.

Baca Juga :   The Most Well-Known and Commonly Used Linux Distributions

Inilah yang dikatakan sebagai rahasianya. Disadari atau tidak, da Vinci memberi Mona Lisa kedalaman yang mirip dengan dunia nyata, memberikan karya tersebut kesan perspektif dan menciptakan garis pandang Mona Lisa yang tidak stabil.

Misteri/rahasia Mona Lisa 5: Kode tersembunyi

Sejarawan seni Silvano Vinceti menunjukkan bahwa mata kanan Mona Lisa memiliki tulisan ” LV “, yang mungkin mewakili nama seniman Leonardo da Vinci sendiri. Dikatakan juga bahwa karakter seperti ” CE ” atau ” B ” dapat dilihat pada mata kiri, meskipun tidak jelas. Selanjutnya pada jembatan di latar belakang terukir angka 72 "atau angka 2″ setelah huruf L ” pada lengkungannya, dan tidak jelas mengapa huruf dan angka tersebut tidak dapat dilihat. dengan mata telanjang Misteri dan rahasia menyelimuti apa yang tertinggal.

Misteri/rahasia Mona Lisa 6: Jembatan Misterius

Pemandangan bagai mimpi yang tergambar di balik Mona Lisa seringkali diabaikan sebagai tokoh pendukung dibandingkan dengan ekspresi menawan Mona Lisa. Namun, berdasarkan tiga jembatan yang digambarkan di latar belakang, pertanyaan di mana lanskap berkabut dan misterius ini digambarkan juga menjadi perdebatan mengenai karya Mona Lisa. Peneliti sejarah Italia Carla Glori berpendapat bahwa jembatan yang digambarkan di atas bahu kiri Mona Lisa mungkin adalah jembatan yang dikenal sebagai Ponte Vecchio atau Ponte Gobbo. Jembatan ini ada di Bobbio, sebuah desa kecil di daerah perbukitan di selatan Piacenza di Italia utara.

Dikatakan pula bahwa teori Kemuliaan ini sesuai dengan “72 (angka tersembunyi di jembatan)” yang disebutkan di atas. Pada tahun 1472 terjadi banjir besar di kawasan ini, dan jembatan di Bobbio juga rusak parah. Namun teori ini hanyalah spekulasi dan masih menjadi misteri di mana tepatnya jembatan yang digambarkan dalam Mona Lisa itu berada.

Baca Juga :   Bandara Unik di Dunia, Apakah Kamu Sudah Pernah Kesini?

Misteri/Rahasia Mona Lisa 7: Apakah wanita Mona Lisa mengidap penyakit?

Wanita yang digambarkan dalam Mona Lisa mungkin punya rahasia bahwa dia menderita “hipotiroidisme”. Ketika Dr. Mehra, yang tinggal di Boston, melihat lukisan Mona Lisa, kulit tidak bercahaya rambut tipis. Saya melihat ada yang aneh pada sosok perempuan di Mona Lisa.

Lebih lanjut Dr Mehra mengatakan:

  • Terdapat benjolan kecil di sudut dalam mata kiri Mona Lisa.
  • garis rambut surut
  • hampir tidak ada alis
  • Terdapat tonjolan di sebelah jari telunjuk
  • warna kulitnya kuning

Ciri-ciri tersebut, ditambah dengan gejala pembesaran kelenjar tiroid, menunjukkan bahwa senyum misterius Mona Lisa mungkin disebabkan oleh kelemahan otot, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa Mona Lisa mungkin menderita hipotiroidisme.Itulah kesimpulan saya. Namun seperti disebutkan di atas, terdapat bekas bulu mata dan alis yang tergambar jelas, sehingga masih menjadi misteri betapa benarnya diagnosis medis ini. Konon pada paruh pertama abad ke-16 terjadi kekurangan asupan yodium, yang menyebabkan sangat penting untuk kesehatan tiroid, jadi teori ini memiliki beberapa validitas.

Misteri/Rahasia Mona Lisa 8: Mengapa Mona Lisa terasa indah?

Secara historis, penampakan Mona Lisa dianggap abadi dan indah. Mungkin lebih tepat jika dikatakan bahwa keindahan dan pesona Mona Lisa tidak sebatas tatapan dan senyumannya, melainkan merupakan sesuatu yang luar biasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rahasia di balik keindahan Mona Lisa diduga terletak pada “ rasio emas ” yang terkandung di dalamnya.

Mona Lisa digambar berdasarkan rasio emas dalam setiap detailnya, dan sosoknya memiliki keseimbangan dan proporsi yang menurut orang paling indah. Unsur matematis inilah yang menjadi salah satu rahasia yang membuat lukisan Mona Lisa begitu menarik.

Banyak misteri dan rahasia menyelimuti Mona Lisa, sebuah karya seni representatif Leonardo da Vinci, yang lahir di Italia Renaisans, dan dianggap sebagai lukisan terhebat sepanjang masa. Namun misteri dan rahasia ini mungkin membuat Mona Lisa semakin mempesona.

Baca Juga :