5 Tools Olah Data Bisnis Mudah dan Gratis

Daftar Isi

merlindawibowo.com – Olah data bisnis merupakan solusi strategis untuk meningkatkan efisiensi dan keputusan dalam bisnis karena ia mampu menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengambang bisnis secara strategis. Olah data bisnis adalah proses mengekstraksi, mengolah, dan menganalisis data untuk membantu perencanaan, pembuatan keputusan, dan pengambaran informasi yang diperlukan oleh manajemen dan pejabat dalam sebuah organisasi. Olah data bisnis menggunakan teknologi dan metode statistik, matematika, dan komputasi untuk menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengembangkan bisnis.

Ada banyak alat (tools) atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk olah data, dan pemilihan tergantung pada kebutuhan spesifik dan tingkat keahlian pengguna. Terlebih tools yang dipilih adalah tools yang mudah untuk digunakan dan tentunya platform yang free atau tidak berbayar alias gratis. Hal-hal ini menjadi salah satu pertimbangan besar dalam memilih tools yang ada.

Kelebihan Menggunakan Tools Olah Data Bisnis

Tools olah data bisnis yang mudah dan gratis (free) merupakan solusi strategis untuk bisnis karena mampu menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengambang bisnis secara strategis di berbagai fungsi dan departemen dengan cara yang praktis, ekonomis, efektif, flexible, dan skalable.

Menggunakan tools olah data bisnis yang mudah dan gratis memiliki beberapa kelebihan strategis untuk bisnis, antara lain:

  1. Tools olah data bisnis yang mudah dan gratis memungkinkan bisnis kecil dan menengah (SME) untuk menggunakan teknologi olah data secara praktis dan ekonomis. Ini memungkinkan mereka untuk mengelola dan meningkatkan efisiensi di berbagai fungsi dan departemen dalam sebuah organisasi tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan uang pada pembelian peralatan dan lisensi.
  2. Efektif: Tools olah data bisnis yang mudah dan gratis dapat menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengambang bisnis secara strategis. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengambatan keputusan yang lebih realistis dan menghindari risiko.
  3. Flexible: Tools olah data bisnis yang mudah dan gratis dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis karena mereka memungkinkan pengguna untuk memilih fungsi-fungsi yang mereka inginkan tanpa harus menghabiskan waktu dan uang pada fungsi-fungsi yang tidak diperlukan. Ini memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan efisiensi dan keputusan dalam bisnis tanpa harus menghabiskan waktu dan uang pada fungsi-fungsi yang tidak diperlukan.
  4. Scalable: Tools olah data bisnis yang mudah dan gratis dapat di skalakan sesuai dengan kebutuhan bisnis karena mereka memungkinkan pengguna untuk menambahkan kapasitas secara linear tanpa harus menghabiskan waktu dan uang pada peralatan baru. Ini memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan efisiensi dan keputusan dalam bisnis tanpa harus menghabiskan waktu dan uang pada peralatan baru.

Kelebihan ini akan menjadi faktor pendukung untuk nantinya dapat melakukan pengolahan data bisnis yang pastinya memberikan manfaat yang strategis untuk meningkatkan efisiensi dan keputusan dalam bisnis karena ia mampu menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengambang bisnis secara strategis. Olah data bisnis dapat membantu manajemen dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi di berbagai fungsi dan departemen dalam sebuah organisasi, seperti:

  1. Sales and Marketing: Olah data bisnis dapat membantu manajemen dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi di fungsi Sales and Marketing. Data ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengembangan strategi marketing, pemasaran, dan penjualan yang lebih efektif dan efisien.
  2. Finance: Olah data bisnis dapat membantu manajemen dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi di fungsi Finance. Data ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengelolaan finansial, seperti pemasaran, penjualan, dan pembiayaan. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengambatan keputusan yang lebih akurat dan efisien.
  3. Operations: Olah data bisnis dapat membantu manajemen dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi di fungsi Operations. Data ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengelolaan operasi bisnis, seperti supply chain, logistik, dan produksi. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengambatan keputusan yang lebih realistis dan menghindari risiko.
  4. Human Resources: Olah data bisnis dapat membantu manajemen dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi di fungsi Human Resources. Data ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengelolaan risiko, seperti ketidakpemakaian sumber daya manusia, ketidakpemakaian sumber daya alam, dan ketidakpemakaian teknologi. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengambatan keputusan yang lebih realistis dan menghindari risiko.
  5. Information Technology: Olah data bisnis dapat membantu manajemen dalam mengelola dan meningkatkan efisiensi di fungsi Information Technology. Data ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengelolaan teknologi, seperti sistem informasi, aplikasi, dan peralatan elektronik. Informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengambatan keputusan yang lebih realistis dan menghindari risiko.
Baca Juga :   Apa Yang Perlu di Fahami Saat Akan Investasi Properti

Olah data bisnis merupakan solusi strategis untuk meningkatkan efisiensi di berbagai fungsi dan departemen dalam sebuah organisasi karena ia mampu menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengambang bisnis secara strategis di berbagai fungsi dan departemen.

Tools Olah Data Bisnis Mudah dan Free

1. Microsoft Excel & Google Spreadsheet

Meskipun sederhana, Excel memiliki kemampuan analisis data yang kuat, termasuk fungsi statistik, tabel pivot, dan visualisasi data. Microsoft Excel memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis dan analisis data. 

  • Kemudahan Penggunaan: Excel menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, membuatnya cocok untuk pengguna dari berbagai tingkat keahlian.
  • Analisis Data Sederhana: Excel memiliki berbagai fungsi dan rumus bawaan yang memungkinkan pengguna melakukan analisis data dasar, seperti perhitungan statistik, persentase, dan lainnya.
  • Tabel Pivot: Fitur tabel pivot Excel memungkinkan pengguna untuk menyusun, menganalisis, dan merangkum data dengan cepat dan efisien.
  • Visualisasi Data: Meskipun tidak sekuat alat visualisasi khusus seperti Tableau, Excel menyediakan kemampuan untuk membuat grafik dan diagram sederhana untuk membantu memvisualisasikan data.
  • Keuangan dan Akuntansi: Excel banyak digunakan untuk tugas-tugas keuangan dan akuntansi, seperti pembuatan laporan keuangan, perencanaan anggaran, dan pemantauan arus kas.
  • Fleksibilitas: Excel dapat digunakan untuk berbagai tugas, mulai dari pemrosesan data sederhana hingga proyek analisis yang lebih kompleks, membuatnya fleksibel untuk berbagai kebutuhan.
  • Kolaborasi: Excel dapat digunakan secara bersama-sama melalui penyimpanan berbasis awan seperti Microsoft OneDrive, memungkinkan kolaborasi tim pada satu set data.

Meskipun ada alat analisis data yang lebih canggih di pasaran, Excel tetap menjadi alat yang sangat berguna dan serbaguna untuk sebagian besar tugas analisis data, terutama bagi pengguna yang lebih akrab dengan antarmuka spreadsheet.

Sejenis dengan Excel, Google Sheets menyediakan kemampuan kolaborasi online dan integrasi dengan layanan Google lainnya. Google Sheets, seringkali dikenal sebagai Google Spreadsheet, juga memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam konteks kolaborasi dan akses berbasis awan (cloud). Beberapa keunggulan dari Google Sheets adalah sebagai berikut:

  • Kolaborasi secara Real-Time: Google Sheets memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada lembar kerja yang sama secara bersamaan, mendukung kolaborasi tim secara efisien dan tanpa konflik.
  • Akses Berbasis Awan: Karena berbasis awan, Google Sheets memungkinkan akses ke data dari berbagai perangkat yang terhubung ke internet. Ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses.
  • Gratis dan Mudah Diakses: Google Sheets gratis digunakan dan mudah diakses melalui akun Google. Ini membuatnya menjadi pilihan yang terjangkau, terutama bagi mereka yang tidak memerlukan fitur lanjutan yang ditawarkan oleh alat berbayar.
  • Integrasi dengan Layanan Google Lainnya: Google Sheets dapat terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Forms, Google Drive, dan Gmail, memungkinkan pengguna memanfaatkan ekosistem Google secara lebih efektif.
  • Automatisasi dengan Google Apps Script: Pengguna dapat menggunakan Google Apps Script untuk mengotomatiskan tugas tertentu dalam Google Sheets, membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
  • Add-ons: Google Sheets mendukung berbagai add-ons yang dapat ditambahkan untuk menambahkan fungsionalitas tambahan sesuai kebutuhan, memperluas kemampuan aplikasi.
  • Visualisasi Data Sederhana: Meskipun tidak sekuat alat visualisasi data khusus, Google Sheets memiliki fitur grafik dan diagram yang memadai untuk memvisualisasikan data secara sederhana.
  • Pengaturan Hak Akses: Google Sheets memungkinkan pengaturan hak akses yang fleksibel, memungkinkan pemilik untuk mengontrol siapa yang dapat melihat atau mengedit data.

Google Sheets menjadi pilihan yang populer terutama untuk kolaborasi tim dan kebutuhan akses berbasis awan, serta bagi mereka yang memerlukan solusi yang mudah diakses dan terintegrasi dengan ekosistem Google.

2. Google Data Studio atau Looker Studio

Alat ini memungkinkan pembuatan laporan dan dasbor yang dapat diakses secara gratis. Cocok untuk visualisasi data dengan cara yang mudah dipahami. Google Data Studio adalah alat visualisasi data yang dikembangkan oleh Google. Desember lalu, Google mengganti nama “Google Data Studio” menjadi “Looker Studio” setelah mengakuisisi Looker pada awal Februari 2021. Looker dan Looker Data Studio adalah alat Google yang memiliki banyak kesamaan. Keduanya merupakan solusi BI kuat yang menyediakan analisis data, integrasi, dan visualisasi untuk membantu perusahaan dalam mengatasi tantangan bisnis.

Berikut beberapa poin penting mengenai Google Data Studio:

  1. Visualisasi Data yang Interaktif: Data Studio memungkinkan pengguna untuk membuat laporan dan dasbor interaktif dengan menggunakan berbagai jenis visualisasi data, seperti grafik batang, diagram lingkaran, peta, dan lainnya.
  2. Kolaborasi dalam Waktu Nyata: Seperti produk Google lainnya, Data Studio memungkinkan kolaborasi dalam waktu nyata. Tim dapat bekerja bersama-sama pada laporan yang sama secara simultan.
  3. Integrasi Data yang Luas: Dapat terhubung dengan berbagai sumber data seperti Google Analytics, Google Sheets, Google Ads, BigQuery, dan sumber data lainnya. Ini memudahkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dalam satu laporan.
  4. Gratis untuk Digunakan: Google Data Studio dapat digunakan secara gratis dengan akun Google. Ini membuatnya menjadi pilihan yang terjangkau untuk pembuatan laporan dan dasbor.
  5. Fleksibilitas Desain: Pengguna memiliki fleksibilitas dalam merancang tata letak laporan dan dasbor sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Ini mencakup pengaturan warna, font, dan gaya lainnya.
  6. Akses Berbasis Awan: Seperti produk Google lainnya, Data Studio bekerja di cloud, memungkinkan akses data dari mana saja asalkan terhubung ke internet.
  7. Ekspor dan Berbagi Laporan: Laporan dan dasbor yang dibuat dapat diekspor ke berbagai format seperti PDF atau gambar, dan dapat dibagikan dengan orang lain melalui tautan berbagi.
  8. Filter dan Kontrol Parameter: Pengguna dapat menambahkan filter dan kontrol parameter ke laporan untuk memberikan pengguna akhir kemampuan untuk menyesuaikan tampilan data sesuai kebutuhan mereka.

Google Data Studio sangat berguna untuk pembuatan laporan yang profesional dan informatif dengan kemampuan visualisasi yang kuat, terutama bagi mereka yang sudah menggunakan berbagai layanan Google dan membutuhkan alat yang terintegrasi dengan baik.

3. Python

Bahasa pemrograman Python memiliki sejumlah pustaka seperti Pandas, NumPy, dan Matplotlib yang sangat berguna untuk analisis data dan visualisasi. Python adalah bahasa pemrograman yang populer dan kuat, sementara Google Colab (Colaboratory) adalah lingkungan penelitian berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan mengeksekusi kode Python di browser tanpa perlu menginstal apa pun di mesin lokal. Berikut beberapa poin mengenai Python dan Google Colab:

Python:

  • All-Purpose Programming Language: Python adalah bahasa pemrograman serbaguna yang digunakan di berbagai bidang, termasuk pengembangan web, analisis data, kecerdasan buatan, pemrosesan bahasa alami, dan masih banyak lagi.
  • Rich Ecosystem: Python memiliki ekosistem yang kaya dengan berbagai pustaka dan framework yang mendukung berbagai kebutuhan pengembangan perangkat lunak.
  • Community Support: Python memiliki komunitas pengembang yang besar dan aktif, yang berarti banyak sumber daya online, tutorial, dan forum untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan.

Google Colab:

  • Free Cloud-Based Environment: Google Colab memberikan akses gratis ke sumber daya cloud Google, termasuk unit pemrosesan grafis (GPU). Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan komputasi berat secara gratis.
  • Integrated with Google Drive: Colab terintegrasi dengan Google Drive, memungkinkan pengguna menyimpan dan berbagi notebook Colab secara mudah.
  • Support for Data Science Libraries: Colab mendukung banyak pustaka dan framework yang umum digunakan dalam analisis data dan kecerdasan buatan, seperti NumPy, Pandas, TensorFlow, dan PyTorch.
  • Real-Time Collaboration: Colab memungkinkan kolaborasi real-time antar pengguna, mirip dengan Google Docs. Pengguna dapat bekerja bersama-sama pada notebook secara simultan.
  • Easy Sharing: Notebook Colab dapat dengan mudah dibagikan melalui tautan, memungkinkan orang lain melihat atau mengikuti notebook tersebut.
  • Access to Google Services: Colab terintegrasi dengan layanan Google lainnya, memungkinkan akses ke data dan sumber daya lainnya yang terhubung dengan akun Google.

Python dan Google Colab sering digunakan bersama untuk analisis data, pembelajaran mesin, dan penelitian ilmiah karena kombinasi kekuatan bahasa pemrograman Python dan kenyamanan komputasi cloud yang disediakan oleh Google Colab.

4. KNIME

Platform sumber terbuka untuk analisis data, integrasi data, pemodelan, dan visualisasi. KNIME Studio adalah platform open-source untuk analisis data dan integrasi data. Berikut adalah beberapa poin penting mengenai KNIME Studio:

  • Antarmuka Pengguna Berbasis Node: KNIME Studio menggunakan pendekatan berbasis node, di mana pengguna dapat membuat alur kerja analisis data dengan menyusun dan menghubungkan node-node visual yang mewakili langkah-langkah analisis.
  • Integrasi Data: Platform ini mendukung integrasi data dari berbagai sumber termasuk database, file teks, spreadsheet, dan sumber data lainnya. Ini memudahkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber.
  • Analisis Data Interaktif: KNIME Studio memungkinkan pengguna menjelajahi dan menganalisis data secara interaktif. Pengguna dapat melakukan berbagai operasi statistik dan visualisasi data.
  • Pemodelan dan Prediksi: KNIME Studio menyertakan berbagai algoritma machine learning yang memungkinkan pengguna untuk membuat model prediktif dan melakukan analisis prediktif.
  • Fleksibilitas dan Pengembangan Lanjutan: Meskipun cocok untuk pengguna tanpa pemrograman melalui antarmuka grafisnya, KNIME Studio juga mendukung ekstensi melalui penggunaan bahasa pemrograman seperti R dan Python, memungkinkan pengguna untuk melakukan pengembangan lanjutan.
  • Komunitas dan Marketplace: KNIME memiliki komunitas pengguna yang aktif dan sumber daya online yang berlimpah, termasuk “KNIME Hub” yang merupakan platform untuk berbagi alur kerja, komponen, dan solusi terkait KNIME.
  • Keamanan dan Ketersediaan Enterprise: Selain versi open-source, KNIME juga menyediakan solusi komersial untuk bisnis yang mencakup dukungan, keamanan, dan fungsionalitas tambahan.
  • Pengelolaan Proyek dan Kolaborasi: KNIME Server memungkinkan kolaborasi tim dan pengelolaan proyek secara terpusat.
Baca Juga :   Olah Data Bisnis

KNIME Studio cocok untuk berbagai keperluan analisis data, termasuk eksplorasi data, pemodelan prediktif, dan integrasi data. Platform ini populer di kalangan ilmuwan data, analis data, dan profesional analisis data lainnya.

5. Tableau

Tableau adalah perangkat lunak visualisasi data yang sangat populer dan efektif untuk olah data bisnis. Dengan Tableau, Anda dapat membuat visualisasi data interaktif dan dashboard yang membantu dalam pemahaman dan analisis data bisnis. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam menggunakan Tableau untuk olah data bisnis:

  • Koneksi Data: Impor data bisnis Anda ke Tableau. Tableau mendukung berbagai sumber data, seperti Excel, CSV, database SQL, dan data cloud seperti Google BigQuery atau Amazon Redshift.
  • Pemahaman Data: Telusuri dan pahami struktur data Anda. Identifikasi dimensi (data kategori) dan ukuran (data numerik) yang akan Anda gunakan dalam analisis.
  • Pembuatan Dashboard: Buat dashboard untuk merangkum informasi utama. Tambahkan lembar kerja untuk menyajikan berbagai jenis visualisasi, seperti diagram batang, garis, peta, dan lainnya.
  • Visualisasi Data: Pilih jenis visualisasi yang paling sesuai dengan data Anda. Misalnya, gunakan diagram batang untuk membandingkan kinerja produk, atau peta untuk menunjukkan lokasi penjualan.
  • Interaktifitas: Manfaatkan fitur interaktif Tableau. Tambahkan filter, parameter, dan tindakan untuk memberikan fleksibilitas pengguna dalam mengeksplorasi data.
  • Pemfilteran Data: Gunakan filter untuk merinci data lebih lanjut. Anda dapat menyembunyikan atau menyoroti data berdasarkan kriteria tertentu.
  • Pemformatan: Sesuaikan tata letak dan tampilan visualisasi. Atur label, warna, dan gaya lainnya agar sesuai dengan kebutuhan bisnis dan estetika.
  • Publikasikan dan Bagikan: Publikasikan dashboard Anda ke server Tableau atau Tableau Online untuk berbagi hasil analisis dengan rekan kerja atau pelanggan. Anda juga dapat menyematkan visualisasi di situs web atau mengunduh gambar atau file PDF.
  • Pemantauan dan Analisis Lanjutan: Terus perbarui dan pantau dashboard Anda sesuai kebutuhan bisnis. Gunakan alat analisis lanjutan Tableau untuk mengeksplorasi tren atau menyusun ramalan.

Tableau memiliki komunitas yang besar, dan Anda dapat menemukan banyak sumber daya dan tutorial online untuk membantu Anda menguasai keterampilan analisis data bisnis menggunakan perangkat lunak ini.

Tools olah data bisnis yang mudah dan gratis merupakan solusi strategis untuk bisnis karena ia mampu menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat untuk membantu manajemen dalam mengambang bisnis secara strategis di berbagai fungsi dan departemen dengan cara yang praktis, ekonomis, efektif, flexible, dan skalable.

Ingin belajar olah data bisnis secara mudah dan asik?

Sampel Data : https://bit.ly/SampelLatihanLooker
Contoh Visualisasi : https://bit.ly/ContohHasilLooker

  • Open Looker Studio : https://lookerstudio.google.com/
  • Login dengan Akun Google anda
  • Koneksikan dengan data anda
  • Kemudian mulai eksplorasi untuk dashboard anda!

Hubungi kami jika anda perlu bantuan:
WA. 0895.3774.03040

Yuk, olah data bisnismu secara mudah dan asik!