7 Prinsip Marie Kondo, Beberes Rumah Menjadi Lebih Efektif

Marie Kondo adalah seorang penulis, pembicara motivasi, dan konsultan penyusunan dan kebersihan terkenal asal Jepang yang dikenal atas metodenya dalam membersihkan dan merapikan rumah, yang dikenal sebagai metode KonMari. Ia lahir pada tanggal 9 Oktober 1984 di Tokyo, Jepang. Metode ini juga mencakup prinsip-prinsip hidup yang lebih luas yang dapat membantu Anda menciptakan kehidupan yang lebih sederhana, berarti, dan rapi

Marie Kondo dikenal luas melalui bukunya yang sangat populer berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up” (2011) atau dalam bahasa Jepang dikenal sebagai “Kondo Marie no Tokimeki no Katazuke Jutsu.” Buku ini menjadi buku terlaris di seluruh dunia dan membantu mempopulerkan metodenya yang revolusioner dalam membersihkan dan merapikan rumah.

Prinsip utama dari metode KonMari adalah hanya menyimpan barang-barang yang “menyentuh hati Anda” atau memberikan kebahagiaan. Marie Kondo mendorong orang untuk merenung tentang apa yang benar-benar penting dalam hidup mereka dan untuk melepaskan barang-barang yang tidak lagi diperlukan atau tidak membawa kebahagiaan.

Dalam proses penyusunan, ia juga mengajarkan metode khusus untuk melipat pakaian dengan rapi dan menyimpan barang-barang secara efisien. Metodenya berfokus pada mengurangi kekacauan, meminimalkan jumlah barang yang dimiliki, dan menciptakan ruang yang bersih dan rapi di rumah.

Marie Kondo telah menjadi seorang tokoh terkenal dalam dunia penyusunan dan kebersihan rumah, dan ia sering diundang untuk memberikan ceramah, seminar, dan konsultasi. Dia juga memiliki serial televisi yang disiarkan di Netflix yang disebut “Tidying Up with Marie Kondo,” yang membantu keluarga dan individu untuk merapikan rumah mereka.

Selain itu, Marie Kondo juga telah menerbitkan buku lain, seperti “Spark Joy” (2016), yang lebih mendalam menjelaskan metodenya, dan terus menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk menciptakan kehidupan yang lebih sederhana dan lebih bermakna melalui kebersihan dan penyusunan yang efektif.

Baca Juga :   Bumbu Dasar Kuning (2) dalam Masakan Nusantara

Berikut adalah beberapa prinsip hidup Marie Kondo:

  1. Pilih dengan Hati:
    • Prinsip dasar metode KonMari adalah hanya menyimpan barang-barang yang “menyentuh hati Anda” atau memberikan kebahagiaan. Ini berarti Anda harus merenung tentang apa yang benar-benar Anda cintai dan apa yang penting bagi Anda.
  2. Urutkan Berdasarkan Kategori:
    • Ketika Anda membersihkan atau merapikan, urutkan barang-barang Anda berdasarkan kategori, bukan ruangan. Misalnya, mulailah dengan pakaian, lalu beralih ke buku, barang-barang pribadi, dan seterusnya. Ini membantu Anda melihat jumlah sebenarnya dari barang yang Anda miliki dalam setiap kategori.
  3. Pertimbangkan Fungsi dan Kualitas:
    • Saat Anda mempertimbangkan setiap barang, pertimbangkan apakah itu masih memiliki fungsi dalam hidup Anda dan apakah itu berkualitas baik. Jika tidak, pertimbangkan untuk melepaskan barang tersebut.
  4. Letakkan Barang dalam Tempat yang Tepat:
    • Setelah Anda memutuskan barang-barang yang akan disimpan, pastikan untuk menyusunnya dengan rapi dan meletakkannya di tempat yang sesuai. Marie Kondo menyarankan untuk melipat pakaian dengan cara tertentu dan menyimpan barang-barang yang serupa bersama-sama.
  5. Hindari Penumpukan:
    • Prinsip ini juga mengajarkan Anda untuk menghindari menumpuk barang di sudut-sudut rumah Anda. Cobalah untuk menjaga kebersihan dan ketertiban dengan merapikan barang-barang Anda secara teratur.
  6. Sesuaikan Dengan Gaya Hidup Anda:
    • Prinsip ini menekankan pentingnya memilih barang-barang yang sesuai dengan gaya hidup Anda saat ini. Jika suatu barang tidak lagi relevan atau sesuai, pertimbangkan untuk melepaskannya.
  7. Pahami Kebahagiaan yang Dibawa oleh Kebersihan:
    • Marie Kondo percaya bahwa kebersihan dan keteraturan di rumah dapat membawa perasaan tenang dan kebahagiaan. Dengan merapikan dan membersihkan rumah Anda, Anda juga bisa menciptakan perasaan yang lebih positif dalam hidup Anda.

Prinsip-prinsip ini tidak hanya dapat diterapkan dalam merapikan rumah, tetapi juga dalam menciptakan kehidupan yang lebih sederhana, bermakna, dan terorganisir secara keseluruhan. Mencoba untuk hidup dengan prinsip-prinsip KonMari dapat membantu Anda menghargai barang-barang yang Anda miliki, mengurangi kekacauan, dan menciptakan ruang untuk lebih banyak kebahagiaan dalam hidup Anda.

Baca Juga :   MakeUp Simpel untuk New Mom, Inilah 7 Tips nya

Baca Juga : POV Köln, Kota Parfum