Apa Arti “Ikigai” Sebagai Premis?

Daftar Isi

Ikigai adalah sebuah konsep Jepang yang menggambarkan rasa tujuan atau makna dalam hidup seseorang. Kata “ikigai” sendiri berasal dari bahasa Jepang, di mana “iki” berarti “hidup” dan “gai” berarti “nilai” atau “tujuan”. Konsep ini menggambarkan hubungan antara empat elemen utama dalam kehidupan seseorang, yaitu:

  1. Passion (Passion): Hal-hal yang Anda cintai dan nikmati dalam hidup, hobi, atau kegiatan yang membuat Anda bersemangat.
  2. Mission (Misi): Tugas atau pekerjaan yang Anda anggap sebagai panggilan atau misi hidup Anda. Ini adalah cara Anda berkontribusi kepada masyarakat atau dunia.
  3. Vocation (Vokasi): Kemampuan atau keahlian yang Anda miliki dan bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Ini sering kali terkait dengan pekerjaan atau karier Anda.
  4. Profession (Profesi): Pekerjaan atau pekerjaan yang memberikan Anda penghasilan dan mencukupi kebutuhan hidup Anda.

Ide dasar dari konsep ini adalah bahwa ketika Anda dapat menemukan keselarasan antara empat elemen ini, Anda akan merasa memiliki tujuan hidup yang kuat dan kebahagiaan yang berkelanjutan. Ini adalah titik di mana hasrat, misi, vokasi, dan profesi bertemu, menciptakan rasa kepuasan yang mendalam dan motivasi dalam hidup Anda.

Cara Menemukan Ikigai

Menemukan rasa tujuan dan makna dalam hidup Anda, bisa menjadi perjalanan yang penuh refleksi dan eksplorasi. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda menemukan rasa dan tujuan Anda:

  1. Refleksi Pribadi:
    • Luangkan waktu untuk merenung tentang diri Anda sendiri. Pertimbangkan apa yang membuat Anda bahagia, apa yang Anda nikmati, dan apa yang membuat Anda merasa hidup.
  2. Identifikasi Hasrat Anda:
    • Buat daftar hal-hal yang Anda cintai dan nikmati dalam hidup, serta aktivitas atau hobi yang membuat Anda bersemangat.
  3. Temukan Misi Anda:
    • Pertimbangkan apa yang Anda anggap sebagai panggilan hidup Anda. Apa yang ingin Anda capai dalam hidup ini? Bagaimana Anda ingin berkontribusi kepada dunia atau masyarakat?
  4. Kenali Kemampuan Anda:
    • Identifikasi keahlian, bakat, dan kemampuan unik Anda. Apa yang bisa Anda lakukan dengan baik dan dengan antusiasme?
  5. Evaluasi Pekerjaan atau Karier Anda:
    • Tinjau pekerjaan atau karier Anda saat ini. Apakah pekerjaan Anda saat ini mencerminkan Ikigai Anda? Jika tidak, apa yang perlu Anda ubah atau tambahkan?
  6. Temukan Titik Pusat:
    • Coba cari keseimbangan antara hasrat Anda, misi Anda, vokasi Anda, dan pekerjaan Anda. Identifikasi area di mana mereka tumpang tindih atau bersinggungan. Ini bisa menjadi titik pusat Ikigai Anda.
  7. Eksperimen dan Jelajahi:
    • Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru atau mengejar minat Anda. Eksplorasi adalah kunci untuk menemukan apa yang benar-benar menginspirasi dan memotivasi Anda.
  8. Terbuka untuk Perubahan:
    • Ingatlah bahwa Ikigai Anda bisa berubah seiring waktu. Terbuka untuk perubahan dan pertumbuhan dalam hidup Anda.
  9. Bantu Orang Lain:
    • Menjadi berguna bagi orang lain seringkali merupakan bagian penting dari Ikigai. Pemenuhan dapat ditemukan dalam memberikan kontribusi positif kepada orang lain.
  10. Pertimbangkan Kesejahteraan Holistik:
    • Ingat bahwa Ikigai juga terkait dengan kesejahteraan fisik, emosional, dan sosial Anda. Jaga keseimbangan dalam semua aspek kehidupan Anda.
Baca Juga :   Apa Yang Perlu di Fahami Saat Akan Investasi Properti

Menemukan Ikigai bukanlah proses yang instan dan bisa memerlukan waktu yang lama. Ini adalah perjalanan pribadi yang membutuhkan pemikiran mendalam dan eksplorasi diri. Teruslah merenung, eksperimen, dan beradaptasi seiring perubahan hidup Anda untuk mendekati atau mencapai Ikigai Anda.

Prinsip Ikigai

Prinsip-prinsip Ikigai adalah panduan atau aturan umum yang dapat membantu seseorang mendekati atau mencapai Ikigai dalam hidup mereka. Prinsip-prinsip ini dapat bervariasi tergantung pada sumbernya, tetapi berikut adalah beberapa prinsip umum yang sering terkait dengan konsep Ikigai:

  1. Temukan Passion Anda: Identifikasi apa yang Anda cintai dan nikmati dalam hidup. Hasrat Anda adalah komponen penting dari Ikigai Anda.
  2. Kenali Misi Hidup Anda: Pertimbangkan apa yang Anda anggap sebagai misi atau panggilan hidup Anda. Bagaimana Anda ingin memberikan kontribusi kepada dunia atau masyarakat?
  3. Temukan Kemampuan Anda: Identifikasi bakat, keahlian, atau kemampuan unik yang Anda miliki. Bagaimana Anda bisa menggunakan kemampuan ini untuk mencapai tujuan Anda?
  4. Cari Nilai dan Signifikansi: Pemenuhan Ikigai seringkali terkait dengan memberikan nilai atau signifikansi kepada hidup Anda. Ini bisa berarti membantu orang lain, berkontribusi pada komunitas, atau menciptakan sesuatu yang bermanfaat.
ikigai

  1. Keseimbangan antara Hasrat, Misi, Vokasi, dan Profesi: Prinsip dan tujuan hidup dapat ditemukan di titik di mana empat elemen ini bertemu dan berinteraksi secara seimbang.
  2. Jelajahi dan Eksperimen: Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan menjelajahi minat dan aspirasi Anda. Eksperimen adalah cara untuk menemukan apa yang benar-benar Anda nikmati dan apa yang membuat Anda merasa hidup.
  3. Terbuka terhadap Perubahan: Ingatlah bahwa prinsip dan tujuan hidup Anda dapat berubah seiring waktu. Terbuka untuk perubahan dalam kehidupan Anda dan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi.
  4. Hindari Ketidakseimbangan: Hindari terlalu fokus pada satu elemen (misalnya, hanya mengikuti uang) sementara mengabaikan elemen-elemen lainnya. Keseimbangan adalah kunci untuk mencapai Ikigai yang sejati.
  5. Jaga Kesejahteraan Holistik: Pertimbangkan kesejahteraan fisik, emosional, dan sosial Anda. Perhatikan keseimbangan dalam semua aspek kehidupan Anda.
  6. Bantu Orang Lain: Memberikan kontribusi positif kepada orang lain seringkali menjadi bagian penting dari Ikigai. Banyak orang menemukan pemenuhan dalam membantu dan melayani orang lain.
Baca Juga :   MakeUp Simpel untuk New Mom, Inilah 7 Tips nya

Prinsip-prinsip ini dapat membantu Anda memandu perjalanan Anda dalam mencari makna dan tujuan dalam hidup Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa Ikigai adalah pengalaman pribadi dan dapat berbeda untuk setiap individu. Yang terpenting adalah merenung, eksplorasi, dan berkembang secara pribadi untuk mendekati atau mencapai Ikigai Anda sendiri.

Baca Juga : Bandara Unik di Dunia, Apakah Kamu Sudah Pernah Kesini?