Konsep Dasar Interaksi Manusia dan Komputer

Daftar Isi

Merlindawibowo.com – Sebagaimana yang kita pelajari bersama, bahwa dalam sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran (input, proses dan output). Disaat kita meng-inputkan data, baik berupa deretan angka-angka maupun deretan karakter, maka komputer kemudian akan memberikan respon dengan mengolah data-data tersebut yang diinginkan oleh user (pengguna). Peristiwa inilah yang disebut dengan interaksi manusia dan komputer yang kemudian kita singkat menjadi IMK. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah hubungan saling tindakan (aksi reaksi) antara mamasia dan komputer untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu. Cara-cara yang umum dilakukan dalam berinteraksi tersebut dapat berupa suatu perintah dari user kepada komputer, setelah itu komputer memberikan responnya dalam bentuk printout (mencetak) melalui salah satu alat output atau menuliskannya pada layar tampilan. Dengan kata lain, interaksi manusia dan komputer terwujud melalui masukan dan keluaran yang terjadi diantara keduanya. 

Tujuan Mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer

Saat ini kebutuhan akan komputer disetiap kegiatan manusia sangatlah memegang peranan penting, layaknya seperti manusia membutuhkan mesin jahit untuk membuat sebuah baju. Dimana dengan komputer manusia itu merasa mendapatkan suatu informasi yang tepat, cepat, dan akurat. Untuk itu perlu kiranya kita mempelajari bagaimana hubungan antara manusia dan komputer ini.

Adapun tujuan tersebut antara lain: 

1. Karena komputer waktu pertama kali dikenal di lingkungan dunianya menimbulkan banyak dampak yang harus dipikirkan baik dampak positif maupun dampak negatif.

2. Untuk menambah wawasan dan manfaat serta mempertahankan posisi manusia sebagai Master, sehingga tidak berada di bawah komputer karena komputer diciptakan oleh manusia.

Baca Juga :   Bandara Unik di Dunia, Apakah Kamu Sudah Pernah Kesini?

Namun yang paling penting untuk diketahui, disamping alasan-alasan yang tersebut di atas, ada banyak manfaat yang diperoleh dengan mempelajari IMK. Hal ini karena ada beberapa tujuannya yang mempunyai peranan yang cukup besar dalam kehidupan manusia.

Baca juga : Pandangan Umum dan Komponen-Komponen IMK

Baca juga : Peluang Bisnis Menjajikan 2023

Tujuan IMK antara lain:

  1. Memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer.
  2. Mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
  3. Dapat membantu perancang dalam mendesain komputer yang userfriendly.

Bidang Studi yang Menunjang IMK

Untuk mencapai tujuan dari mempelajari IMK tersebut di atas, maka hal ini tak lepas dari penerapan dari beberapa bidang ilmu pengetahuan yang menunjang IMK ini. Ini dimaksudkan agar perancang sistem akan mudah mendesain sistem yang ramah dan akrab dengan user. Perancang harus memahami aspek psikologi yang dimiliki oleh user, karena masing-masing user pasti mempunyai ciri-ciri khusus serta kebiasaan yang berbeda disaat bekerja dengan sistem komputer. Untuk itu, dalam mempelajari IMK ini, haruslah ditunjang dengan pemahaman yang sungguh-sungguh terhadap beberapa bidang ilmu.

Bidang-bidang ilmu yang berhubungan dengan IMK tersebut adalah :

1. Teknik Elektronika dan Komputer

Dalam menggunakan komputer kita tak lepas dari perangkat keras dan perangkat lunak yang akan menunjang kita dalam berinteraksi dengan komputer. Sasaran memberikan suatu kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk dapat merancang sistem interaksi manusia dan komputer.

Baca juga : Model-model Interaksi Manusia dan Komputer

2. Psikologi

Bidang ini diperlukan agar perancang dapat memahami sifat atau karakteristik dari user yang berbeda-beda. Sasaran memberikan atau menyediakan dasar teknik evaluasi formal kepada perancang sistem interaksi manusia-komputer untuk mengukur unjuk kerja dan opini terhadap sistem manusia-komputer.

Baca Juga :   Kenali Perbedaan Mentega, Margarin, dan Butter

3. Perancang Grafis

Berbicara tentang grafis, maka orang akan membicarakan gambar. Dalam dunia komputer gambar dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk terciptanya dialog antara manusia dengan komputer. Sasaran menciptakan suatu sarana dialog antar muka suatu desain sistem interaksi manusia-komputer sehingga menjadi semakin luwes dan ampuh.

4. Ergonomik

Bidang ini berhubungan dengan aspek fisik disaat manusia bekerja dalam menggunakan sistem komputer. Sasaran menciptakan suatu lingkungan kerja yang nyaman ketika pengguna menggunakan suatu komputer.

5. Antropologi

Bidang ilmu ini erat hubungannya dengan manusia, baik itu sifat, cara kerja atau tingkah manusia. Seperti diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan (misalnya dalam sebuah kantor). Sasaran memberikan suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya dapat saling memberikab informasi sesuai dengan bidang masing-masing.

6. Linguistik

Pada saat kita berdialog dengan komputer kita tentunya menggunakan bahasa tertentu sebagai alat komunikasi. Linguistik adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa. Dengan adanya bahasa memperlancar dialoh antara manusia dan komputer. Sasaran mengarahkan pengguna agar dapat berkomunikasi dengan komputer dengan lebih baik.

7. Sosiologi

Bidang studi ini berkaitan dengan pengaruh komputer dalam lingkungan sosial manusia. Apakah pengaruh tersebut berakibat negatif ataupun positif, semua itu berpulang kepada kebutuhan manusia itu sendiri. Sasaran mengurangi rasa kekhawatiran manusia terhadap perasaan tersingkirkan dalam dunia kerja terhadap komputer.

Semoga bermanfaat!!