Memilih Algoritma Machine Learning dan Tools yang Tepat

Daftar Isi

Kita perlu tahu bahwa Machine Learning merupakan hal yang tidak akan jauh dengan yang namanya era revolusi Industri 4.0. Machine Learning dapat diterapkan disegala bidang yang terdapat di industri ini untuk membantu perkembangan dunia industri agar semakin berkembang dengan pesat dan dapat memenuhi serta berguna untuk kehidupan hidup penduduk di seluruh penjuru dunia.

Baca juga : Mengenal Machine Learning

Algoritma Machine Learning memiliki beberapa jenis secara umum seperti :

  1. Supervised Learning: Sistem harus diberikan pelatihan terlebih dahulu dengan data fakta. Kemudian sistem akan belajar dan membentuk pola data yang ada untuk digunakan pada proses prediksi. Proses pembelajaran ini seperti anak murid yang diajarkan oleh gurunya.
  2. Unsupervised Learning: Sistem dapat mengandalkan data yang belum dilatih sebelumnya dan dapat membentuk pola data yang sifatnya deskriptif dan bukan untuk prediksi.
  3. Reinforced dan Deep Learning: Sistem belajar dari feedback lingkungan dengan teknik learning yang iteratif (berulang-ulang) dan adaptif (menyesuaikan) seperti cara manusia belajar dengan sendirinya. Algoritma digunakan untuk memaksa sistem belajar menemukan nilai optimal dengan cara coba-coba (trial and error). 

Dapat kita lihat juga beberapa algoritma secara lebih terperinci pada gambar berikut ini : 

Machine Learning Algorithm

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita memilih algoritma yang tepat dengan adanya banyaknya algoritma yang ada dengan tepat?

Cara memilih dapat dengan tips berikut ini :

  1. Pastikan jenis permasalahannya.
  2. Besar ukuran dari data training.
  3. Akurasi dan waktu pemrosesan data.
  4. Linearitas dari algoritma.
  5. Jumlah parameter.
  6. Jumlah fitur

Kita juga bisa mengikuti alur dari cheat sheet berikut ini :

(Abolfazl. Ravanshad, 2018)

Baca juga : Peluang Bisnis 2023

Bagaimana dengan tools yang perlu kita pakai untuk melakukan analisis?

Perlu kita ketahui bahwa “Memilih tools seharusnya tidak menjadi masalah utama. Jika ragu, gunakan salah satu yang tersedia dan yang menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.”

Baca Juga :   Jaringan Komputer dan Proses Terdistribusi

Jadi, jika masih perlu untuk melakukan percobaan dengan menggunakan code, maka kita dapat menggunakan tools yang dapat kita gunakan secara lebih cepat untuk try and error terlebih dahulu (tools yang tinggal klik klik klik atau drag and drop saja). Seperti  tools yang open source : WEKA, KNIME, RapidMiner bahkan Ms. EXCEL pun dapat kita pergunakan untuk melakukan analisis tahap awal. 

Setelah itu baru kita dapat menggunakan tools yang lainnya.

Semoga bermanfaat!!