Sejarah Sistem Operasi Apple dan Perkembangannya

Daftar Isi

Pasti kita tidak asing dengan sistem operasi apple, karena sistem operasi ini sudah dikenal dan banyak digunakan oleh orang – orang didunia ini. Sistem Operasi (SO) Apple sendiri merupakan SO yang pertama kali dibuat oleh Steve Jobs dan merupakan cikal bakal dari sistem operasi itu sendiri. Dan untuk lebih jelasnya disini kita akan membahas tentang Sejarah Sistem Operasi Apple.

System 1 – System 7.5

Sistem operasi apple yang diperuntukan untuk PC Macintosh juga memiliki penamaan tersendiri. Dibandingkan dengan Windows, Apple menerapkan konsep yang lebih sederhana dimana setiap perkembangan versi OS yang dilakukan hanya menggunakan skema penomoran biasa. Untuk versi OS baru yang melibatkan perubahan mayor, nomor versi yang digunakan selalu ditambahkan dengan satu nomor dari versi yang sebelumnya.
Sedangkan untuk OS dengan perubahan minor, skema penomoran direvisi dengan penambahan angka sejumlah 0.1. Konsep penamaan ini terus dipakai hingga versi 7.5 sebelum pada akhirnya pemakaian kata “System” diganti dengan “Mac OS” untuk alasan brand pemasaran.

Sistem Operasi

Mac OS 8 – 10

Mac OS versi 8 dirilis pada tahun 1997, tidak lama setelah Steve Jobs kembali bekerja untuk Apple. Mac OS 8 seharusnya memiliki nama Mac OS 7.7, tetapi penamaannya diubah dengan versi 8 setelah Apple menghentikan pemasaran lisensi pihak ketiga untuk System 7 serta untuk mematikan pasar klon Macintosh. Apple berhasil menjual sekitar 1,2 juta copy dalam waktu 2 minggu pertamanya kemudian berhasil menembus 3 juta copy dalam kurun waktu 6 bulan dan masih terus bergerak ke angka yang lebih besar lagi.

Beberapa perbaikan minor yang terjadi pada Mac OS 8 antara lain perbaikan pada fitur Hierarchical File System (HFS Plus) dengan diluncurkannya Mac OS 8.1. Mac OS 8.5 adalah versi pertama dari Mac OS 8 yang menggunakan teknologi processor Power PC. Pada Mac OS 8.6 terjadi perubahan fitur teknologi nano kernel serta dukungan multiprocessing support pada komponen processor PowerPC G64 yang digunakannya.

Baca juga : Sejarah Sistem Operasi Windows

Mac OS 9, dirilis pada 1999 dikenal sebagai Mac OS klasik yang terakhir. Dengan penambahan fitur dukungan jaringan nirkabel di bandara, Mac OS 9 telah mengimplementasikan multiuser, peningkatan peforma dari mesin pencari Sherlock-nya serta perbaikan dari segi manajemen memory-nya. Rilis terakhir untuk versi Mac OS 9 mencapai pada versi Mac OS 9.2.2.

Baca Juga :   Perancangan Antarmuka

Mac OS versi 10 atau lebih dikenal Mac OSX (baca, Mac OS ten) menjadi versi Mac OS pertama berbasiskan Unix yang dibangun dengan teknologi dari perusahaan NeXT yang didirikan oleh Steve Jobs, yang kemudian dibeli oleh Apple. Setiap versi minor dari Mac OSX ini menyertakan nama-nama yang diambil dari keluarga “kucing besar” seperti Mac OS 10.0 dengan kode “Cheetah”, Mac OS 10.1 “Puma”, Mac OS 10.2 “Jaguar”, Mac OS 10.3 “Phanter”, Mas OS 10.4 “Leopard”.

Pemberian nama-nama tersebut terinspirasi dengan penamaan kendaraan militer bersenjata NAZI jerman pada masa kepimpinan Adofl Hitler.

Yang ini adalah kronologi kejadian penting yang dialami oleh apple hingga penemu Steve Jobs meninggal dunia .

sejarah sistem operasi

Perkembangan Sistem Operasi Apple

1976 – Duo karib sejak SMU, Steven Wozniak dan Steve Jobs memulai Apple Computer. Produk pertama mereka, Apple I, dibangun dalam bentuk papan sirkuit. Mereka memeragakannya di “Homebrew Computer Club” di Palo Alto, California.

1977 – Apple meluncurkan Apple II. Sebuah komputer pribadi pertama dalam desain casing plastik dan grafis internal warna.

1983 – Apple Mulai menjual “Lisa”, sebuah komputer desktop untuk bisnis dengan antarmuka yang legendaris. Antarmuka yang masih digunakan (prinsipnya) oleh komputer sampai hari ini.

1984 – Apple merilis debut komputer Macintosh.

1985 – Apple memecat Steve Jobs terkait pertarungan internal.

September 1997 – Jobs kembali sebagai CEO sementara di Apple setelah perusahaan itu merugi lebih dari 1,8 miliar dolar AS.

November 1997 – Jobs memperkenalkan barisan baru komputer Macintosh G3 dan website yang memungkinkan konsumen membeli langsung dari Apple.

1998 – Apple memperkenalkan komputer desktop iMac.

Baca Juga :   13 Proof that macOS is a User-Friendly Interface

2001 – Apple memperkenalkan iPod.

2003 – Apple membuka iTunes Store, toko online memungkinkan pengguna untuk membeli dan men-download musik, audiobooks, film dan TV.

Agustus 2004 – Jobs mengumumkan ia menjalani operasi yang sukses untuk mengangkat kanker pankreasnya.

Januari 2007 – Apple memperkenalkan iPhone.

2008 – Apple membuka App Store sebagai update ke iTunes.

Januari 2009 – Jobs mengambil cuti karena alasan kesehatan. COO Tim Cook memimpin perusahaan sementara.

Juni 2009 – Jobs kembali ke Apple setelah menjalani transplantasi hati.

April 2010 – Apple mulai menjual iPad, tablet layar sentuh 10 inci, dan memiliki pangsa 84 persen dari pasar tablet di akhir 2010.

17 Januari 2011 – Jobs mengumumkan bahwa ia akan mengambil cuti medis lain.

2 Maret 2011 – Apple meluncurkan iPad 2.

9 Agustus 2011 – Apple dipandang sebagai perusahaan AS yang paling berharga.

24 Agustus 2011 – Jobs mundur sebagai CEO dan digantikan oleh Tim Cook, chief operating officer Apple.

5 Oktober 2011 – Jobs meninggal pada usia 56 setelah pertempuran panjang dengan kanker pankreas.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana Sejarah Sistem Operasi Apple dapat didownload pada link berikut ini cekidooot 😀

Silahkan klik disini untuk Download